U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan

Catatan E-Kinerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Salam Rimbawan buat teman-teman semua. Hari ini saya menulis catatan tentang cara pengisian data pada sistem ekinerja kemenlhk, khusus saya catatkan untuk rekan-rekan Polhut. Dimana sebelumnya telah dilakukan sosialisasi bahwa untuk pegisian data ekinerja 2017 dimulai pada bulan Maret hingga Desember 2017.
Baca juga Penerapan Aplikasi E-Kinerja Di Lingkup KLHK

Buat rekan-rekan yang belum melakukan pengisian data ekinerja pada sistem aplikasi ekinerja menlhk silakan diselesaikan terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan pengisian data ekinerja klhk 2018. Sebelum lanjut pada pengisian data ekinerja menlhk, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu ekinerja dan manfaatnya untuk pegawai ASN.

E-Kinerja adalah aplikasi yang dibangun oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk digunakan oleh pegawai negeri sipil dalam mengukur kinerja pegawai berdasarkan laporan harian.

Tujuan dibangunnya E-Kinerja adalah tersedianya data bagi pegawai ASN dengan memanfaatkan IT (teknologi informasi).

Manfaat Aplikasi E-Kinerja :
  1. Mengukur dan memantau kinerja ASN secara periodik 
  2. Sebagai salah satu data acuan pemberian tunjangan kinerja yang diterima pegawai 
  3. Memetakan kinerja PNS dalam rangka merit system. Penerapan system merit dilakukan melakukan penilaian karya secara berkala. Faktor-faktor yang dinilai pada umumnya meliputi kepribadian karyawan (integritas, kecerdasan), kemampuan (pendidikan, pengalaman), dan hasil karya (disiplin, kerja sama, dan rasa tanggung jawab).
    Mekanisme E-Kinerja :
    1. ASN merekam data SKP yang dibuat secara cascading (turunan secara bertahap). dari kegiatan tahunan - bulanan - harian
    2. Pada kegiatan tahunan Breakdown SKP menjadi target bulanan
    3. Input kegiatan harian (tugas jabatan dan tugas tambahan)
    4. Evaluasi capaian target SKP secara periodik dan perilaku oleh pejabat penilai
    5. Pembayaran tunjangan kinerja berdasarkan capaian nilai SKP dan parameter lain
    6. pencetakan lembar SKP, realisasi, penilaian prestasi kerja
    Untuk mengukur kinerja harian maka Badan Kepegawaian Negara mengembangkan aplikasi Daily Evaluation System. Untuk mengakses aplikasi Daily Evaluation System dapat dengan mengakses alamat : http://ekinerja-asn.id/kinerja/ atau untuk PNS lingkup kementerian lhk dapat juga mengakses alamat : http://ekinerja.menlhk.go.id.

    Bagaimana cara menggunakan E-Kinerja Pegawai pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Di bawah ini sudah saya rangkum catatan saya khusus untuk polhut, untuk teman-teman rimbawan lainnya menyesuaikan dengan bidang tugas masing-masing.
    Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan

    Dengan mengakses alamat http://ekinerja.menlhk.go.id maka akan muncul halaman login seperti gambar di bawah ini :

    Untuk PNS yang baru pertama kali login dan belum merubah password, silakan login menggunakan Nomor Induk Pegawai (NIP).
    • Username : isi dengan NIP tanpa spasi
    • Password : isi dengan NIP tanpa spasi, kemudian klik login
    Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan
    Setelah login, untuk menjaga keamanan sistem evaluasi harian, masing-masing user dapat mengganti password standar yang menggunakan NIP dengan password sendiri. Untuk lebih jelasnya silakan baca artikel Cara Merubah Password Aplikasi Ekinerja.

    Lanjut pada beranda E-Kinerja D.E.S (Daily Evaluation System). Apa yang mesti dilakukan oleh user. Di bawah ini panduan ekinerja klhk untuk Polhut, saya contohkan cara pengisian dimulai dari kegiatan tahunan diturunkan menjadi kegiatan bulanan dan kegiatan harian. Ilustrasi gambar sudah saya update termasuk infut Kegiatan tahunan berupa rencana kerja 2018 yang dibreakdown menjadi kegiatan bulanan.
    1. Menginput kegiatan tahunan yang tertuang dalam SKP dengan mengklik logo kegiatan tahunan

      Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan
    2. Pada kegiatan tahunan klik tanda +

      Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan
    3. Mengisi form kegiatan tahunan sesuai dengan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) lalu simpan. Maka akan muncul notifikasi tambah berhasil

      Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan
    4. Input kegiatan tahunan yang sudah disimpan dapat dilihat dengan mengklik Keg. Tahunan
    5. Breakdown setiap kegiatan tahunan menjadi target bulanan atau SKP bulanan dengan cara mengklik pada kolom Detil Bulanan

      Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan
    6. Muncul form kegiatan tahunan dengan detil target sesuai dengan target penyelesaiannya. Klik BREAKDOWN pada bulan yang akan diturunkan menjadi Keg. Bulanan

      Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan
    7. Isi kolom kegiatan dengan kegiatan bulanan untuk mencapai kegiatan tahunan. Dalam hal ini kegiatan tahunan yang saya input adalah menyusun rencana kerja personal polisi kehutanan degan target kuantitas 1 Berkas Rencana Kerja. Kemudian simpan
    8. Selesai menginput data pada kegiatan bulanan maka akan muncul tanda ceklis warna hijau. Itu artinya Keg. Tahunan sudah diturunkan menjadi Keg. Bulanan

      Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan
    9. Setelah membreakdown kegiatan bulanan. Sekarang user dapat melihat kegiatan bulanan dengan mengklik Keg. Bulanan pada menu bar disebelah kiri
    10. Untuk realisasi  Keg. Bulanan yang sudah diinfut. Lanjutkan dengan meninfut Keg. Harian. Klik Keg. Harian
    11. Muncul tampilan kegiatan harian kemudian klik tanda + untuk input kegiatan harian

      Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan
    12. Isi form kegiatan harian, pilih tanggal dan bulan yang akan direalisasikan kegiatannya, isi satuan kuantitas, pilih klasifikasi tugas yaitu kegiatan harian yang terkait dengan SKP tahunan yang mana, klasifikasi tugas bulanan terkait dengan target bulanan yang mana, Isi jam mulai dan jam selesai. Kemudian input file pendukung jika memiliki file pendukung sebagai bukti telah melakukan kegiatan harian. Kemudian klik simpan, maka akan muncul notifikasi tambah berhasil pada kegiatan harian

      Panduan Ekinerja KLHK Untuk Polisi Kehutanan
    13. Untuk melihat hasil realisasi kuantitas kegiatan harian yang sudah diinput dapat melihat pada Keg. Bulanan
    Demikian teman-teman beberapa tahapan yang dilakukan untuk pengisian data ekinerja kemenlhk ini semoga bermanfaat buat kita semua. Jadi dengan adanya E-Kinerja ini kita semua dituntut untuk tetap disiplin. Menulis apa yang dikerjakan dan mengerjakan apa yang ditulis, sehingga tercapai target kerja sesuai dengan yang telah direncanakan.

    Bila ada hal-hal yang perlu didiskusikan, mari kita sharing, silakan komentar pada kolom yang telah disediakan, tetap semangat buat kita semua. Salam konservasi.

    Untuk melengkapi postingan, di bawah ini telah saya sematkan video youtube panduan ekinerja KLHK untuk Polisi Kehutanan. 


    I Gusti Bagus Sudiantara
    Dari blogger menjangkau dunia. Selamat datang di blog menulis catatan konservasi, budaya Bali, blogger, dll. Salam lestari dan salam konservasi.

    Related Posts

    6 komentar

    1. terima kasih informasinya :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sama-sama kawan, salam rimbawan dan tetap semangat.

        Hapus
    2. terimakasi atas infonya dan sangat bermanfaat

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sama-sama kawan, tetap semangat dan salam rimbawan.

        Hapus
    3. Sampai tahun 2019 blum bisa login. Gimana klo di kawasan?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Untuk ekinerja klhk 2019, saya bisa login seperti biasa untuk mengisi kegiatan harian. Kalau di kawasan yang tdk terjangkau internet masih ada solusi untuk pengisian ekinerja dengan cara manual, silakan mengacu pada SURAT EDARAN NOMOR : SE.12 / SETJEN / ROPEG / PEG.3 / 6 / 2018 TENTANG PENERAPAN APLIKASI EKINERJA DILINGKUP KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN. Terima kasih.

        Hapus