Info berita, panduan membuat blog gratis di blogger dan wordpress, media sosial whatsapp, facebook, twitter, google plus. Berbagi cara dan kegiatan konservasi, dll.

Powered by Blogger.

About Me

My photo
Selamat datang di blog menulis catatan... mohon maaf belum sempat mengisi halaman profil ini dengan detail. Pada lain kesempatan saya update agar lebih indah dan nyaman untuk dibaca sebagai kata sambutan dan perkenalan diri melalui blog. Nama lengkap saya : I Gusti Bagus Sudiantara, dari Bali, pekerjaan di lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Demikian perkenalan singkat dari saya, tetap semangat dalam berkreativitas, melakukan yang terbaik, berguna dan bermanfaat buat kita semua. Bersyukur atas anugrah indah yang berkelimpahan tiada batas. Saya ucapkan "Selamat Tahun Baru 2019" Salam

Slider

[4] [Konservasi] [slider-top-big] [Slider Top]
You are here: Home / Pura Silayukti Padangbai Bali

Pura Silayukti Padangbai Bali

| No comment
Piodalan Pura Silayukti Padangbai Bali
Piodalan Ring Pura Silayukti (Buda Kliwon Pahang, 30 Januari 2019)
Pura Silayukti Karangasem Bali
Ngaturang Bakti Ring Pura Silayukti

Pura Silayukti terletak di Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Pada hari Buda Kliwon Wuku Pahang adalah puncak piodalan di Pura Silayukti. Dalam sejarahnya, Silayukti adalah sebuah tempat pasraman Mpu Kuturan yang mengajarkan dasar-dasar kebenaran kepada masyarakat yang dikenal dengan nama silayukti. Sila artinya dasar, yukti artinya benar.

Bersyukur pada tanggal 30 Januari 2019, pada puncak piodalan di Pura Silayukti saya bisa pedek tangkil (sembahyang) menghaturkan puja dan puji syukur atas berkah Hyang Widhi yang berkelimpahan tiada batas. Terlihat pada saat itu ramainya umat yang memedek dengan keiklasan, tulus ngaturang bakti, terasa damai dengan aura spiritual dari Pura Silayukti yang memancar indah menerangi semua umat dan makhluk lainnya. Keteguhan dengan dasar kebenaran menjadi pondasi untuk pedek di Pura Silayukti, terhubung penuh kepasrahan dengan Sang Pencipta dalam hening kedamaian.

Pada puncak pujawali di Pura Silayukti dipersembahkan tari-tarian, diantaranya ada tari Rejang Renteng, Tari Puspanjali, Rejang Dewa, Baris Gede, Pendet, Dalem Sidakarya. Semua didasari ketulusan ngaturang ayah, terpancar dari para penarinya yang mengikuti irama gamelan dengan tenang dan indah, semua pekedek pekenyung, terpancar senyuman tulus. Dapat saya katakan inilah wujud meperagayan dewa, semua terasa tenang dan damai.

Tarian Rejang Dewa Ring Pura Silayukti Padangbai, Karangasem, Bali. πŸ™πŸ™πŸ™
Share This Post :