Info berita, panduan membuat blog gratis di blogger dan wordpress, media sosial whatsapp, facebook, twitter, google plus. Berbagi cara dan kegiatan konservasi, dll.

Powered by Blogger.

About Me

My photo
Selamat datang di blog menulis catatan... mohon maaf belum sempat mengisi halaman profil ini dengan detail. Pada lain kesempatan saya update agar lebih indah dan nyaman untuk dibaca sebagai kata sambutan dan perkenalan diri melalui blog. Nama lengkap saya : I Gusti Bagus Sudiantara, dari Bali, pekerjaan di lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Demikian perkenalan singkat dari saya, tetap semangat dalam berkreativitas, melakukan yang terbaik, berguna dan bermanfaat buat kita semua. Bersyukur atas anugrah indah yang berkelimpahan tiada batas. Saya ucapkan "Selamat Tahun Baru 2018" Salam

Slider

[4] [Konservasi] [slider-top-big] [Slider Top]
You are here: Home / Pelepasliaran Penyu Hujau DI Pantai Blue Lagoon Padangbai Bali

Pelepasliaran Penyu Hujau DI Pantai Blue Lagoon Padangbai Bali

| No comment
Pelepasliaran Penyu Hujau DI Pantai Blue Lagoon Padangbai Bali
Pelepasliaran Penyu Hujau DI Pantai Blue Lagoon Padangbai Bali
Pada tanggal 11 April 2018, Balai KSDA Bali melaksanakan kegiatan pelepasliaran Penyu Hijau (Chelonia mydas) sebanyak 2 (dua) ekor dengan mengambil lokasi di Pantai Blue Lagoon Padangbai, Bali. Penyu hijau dilepasliarkan oleh Kepala Balai KSDA Bali, (Ir. Dadang Wardhana,M.Sc) bersama dengan Kapolsek Kawasan Laut Padangbai (Kompol IB. Nyoman Budiasa, S.H., M.H.), Danramil Manggis, Polair, Balai Karantina Pertanian Wilker Padangbai, Karantina Ikan, serta instansi terkait lainnya, Bendesa Adat Padangbai dan masyarakat setempat di pantai Blue Lagoon. Sebelumnya, Pelepasan Penyu Hijau juga telah dilakukan BKSDA Bali bersama pelaku pariwisata dan pihak terkait di Pantai Sengkidu.

Dua penyu tersebut disita dari seorang warga yang tak bertanggungjawab, hasil pemeriksaan terhadap pelaku diketahui bahwa satwa tersebut dibawa dari Lombok Timur menuju Bali dengan menggunakan sepeda motor. Dua penyu tersebut berhasil diamankan di pintu masuk Bali Pelabuhan Laut Padangbai. Balai KSDA Bali bersama Polres Karangasem bekerja sama dalam upaya mencegah terjadinya peredaran tumbuhan dan satwa liar scara ilegal.

Sebelum pelepasliaran penyu hijau, dilakukan sosialisasi terkait konservasi tumbuhan dan satwa liar kepada instansi terkait dan masyarakat sekitar berupa pembagian UU No. 5 Tahun 1990 dan buku panduan lapangan tumbuhan dan satwa liar yang dilindungi UU. Dengan dilakukannya kegiatan ini semoga kesadaran koservasi dapat terpupuk dengan baik. Diharapkan masyarakat bisa menjadi polisi buat dirinya sendiri, artinya masyarakat mengetahui mana hal - hal yang melanggar UU sehingga hal ini dapat mencegah terjadinya suatu pelanggaran terhadap peraturan yang berlaku.

Penyu hijau yang dilepasliarkan masing-masing berukuran panjang kerapas 60 cm dan 50 cm. Sebelum dilepas dua penyu tersebut dipasang tagg dengan nomor IDB 00956 dan IDB00967, tujuannya untuk memantau keberadaan penyu jika suatu saat ditemukan kembali ke darat. Harapannya, semoga satwa-satwa tersebut sehat dan dapat beradaptasi kembali dengan habitatnya. Salam konservasi.

Video : Release Penyu Hijau Di Pantai Blue Lagoon Padangbai Bali
Share This Post :