Info berita, panduan membuat blog gratis di blogger dan wordpress, media sosial whatsapp, facebook, twitter, google plus. Berbagi cara dan kegiatan konservasi, dll.

Powered by Blogger.

About Me

My photo
Selamat datang di blog menulis catatan... mohon maaf belum sempat mengisi halaman profil ini dengan detail. Pada lain kesempatan saya update agar lebih indah dan nyaman untuk dibaca sebagai kata sambutan dan perkenalan diri melalui blog. Nama lengkap saya : I Gusti Bagus Sudiantara, dari Bali, pekerjaan di lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Demikian perkenalan singkat dari saya, tetap semangat dalam berkreativitas, melakukan yang terbaik, berguna dan bermanfaat buat kita semua. Bersyukur atas anugrah indah yang berkelimpahan tiada batas. Saya ucapkan "Selamat Tahun Baru 2018" Salam

Slider

[4] [Konservasi] [slider-top-big] [Slider Top]
You are here: Home / Pelepasan Penyu Hijau - BKSDA Bali Bersama Pelaku Pariwisata dan Pihak Terkait

Pelepasan Penyu Hijau - BKSDA Bali Bersama Pelaku Pariwisata dan Pihak Terkait

| No comment
Pelepasan Penyu Hijau - BKSDA Bali Bersama Pelaku Pariwisata dan Pihak Terkait
Pelepasan Penyu Hijau - BKSDA Bali Bersama Pelaku Pariwisata dan Pihak Terkait 
Penyu Hijau Ditemukan Di Pantai Mandira Candidasa pada 21 Januari 2018 lalu akhirnya pada hari ini tanggal 5 Februari 2018, pukul 14.00 Wita bisa dilepasliarkan kembali setelah penyu hijau (Chelonia mydas) tersebut dinyatakan sehat seusai dilakukan perawatan oleh tim dari konservasi penyu di Nusa Penida.

Resort KSDA Karangasem (Balai KSDA Bali) bersama Kelian Banjar Dinas Sengkidu, KKP Nusa Penida, Konservasi Penyu Nusa Penida, beserta para pelaku pariwisata melakukan kegiatan pelepasliaran Penyu Hijau (Chelonia mydas) di Pantai Sengkidu, Desa Sengkidu, Kecamatan Manggis, Karangasem.

Kegiatan pelepasliaran penyu hijau berlangsung dengan lancar atas kerja sama semua pihak. Mari selamatkan penyu dari bahaya kepunahan. Salam Konservasi.

Pelepasan Penyu Hijau - BKSDA Bali Bersama Pelaku Pariwisata dan Pihak Terkait
Pelepasan Penyu Hijau - BKSDA Bali Bersama Pelaku Pariwisata dan Pihak Terkait 
Berdasarkan buku panduan lapangan jenis-jenis tumbuhan dan satwa liar yang dilindungi UU (Balai KSDA Bali)
Ciri-Ciri Utama Penyu Hijau (Chelonia mydas) :
  • Bentuk kepalanya kecil dan paruhnya tumpul 
  • Warna lemak yang terdapat di bawah sisiknya berwarna hijau 
  • Tubuhnya bisa berwarna abu-abu, kehitam-hitaman atau kecoklat-coklatan 
  • Bertelur setiap 3 hingga 4 tahun 
  • Panjangnya bisa mencapai 250 cm 
  • Kerapas berbentuk hati dengan tepi rata 
  • Sisik atasnya moncong sepasangJenis ancaman : perburuan, perdagangan, degradasi dan kehilangan habitat
Makanan Penyu Hijau (Chelonia mydas)
  • Rumput, alga
    Penyu hijau dewasa serupakan penyu laut herbivora. Makanan utama mereka dalah lamun laut atau alga, yang hidup di perairan tropis da subtropik. Tetapi anak-anaknya diasumsikan omnivore untuk mempercepat pertumbuhan tubuh mereka. Kemungkinan besar terjadi transisi bertahap saat penyu mencapai besar yang cukup untuk dapat menghindari predatornya. (dikutif dari WWF Indonesia)
Status Perlindungan Penyu Hijau (Chelonia mydas) : DILINDUNGI
  • UU No. 5 Tahun 1990
    Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.
  • PP No. 7 Tahun 1999
    Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Yang dimaksud dengan Pengawetan adalah upaya untuk menjaga agar keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya baik di dalam maupun di luar habitatnya tidak punah.
Status IUCN : Endangered (Genting)
  • IUCN (International Union for Conservation of Nature). Uni Internasional untuk Konservasi Alam (nama resmi: International Union for Conservation of Nature and Natural Resources disingkat IUCN, kadang-kadang disebut dengan World Conservation Union) adalah sebuah organisasi internasional yang didedikasikan untuk konservasi sumber daya alam. Badan ini didirikan pada 1948 dan berpusat di Gland, Switzerland. IUCN beranggotakan 78 negara, 112 badan pemerintah, 735 organisasi non-pemerintah dan ribuan ahli dan ilmuwan dari 181 negara. Tujuan IUCN adalah untuk membantu komunitas di seluruh dunia dalam konservasi alam. (kutifan dari Wikipedia)
Status CITES : Apendiks I
  • CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) atau konvensi perdagangan internasional tumbuhan dan satwa liar 
CITES terdiri dari tiga apendiks :
  • Apendiks I
    Daftar seluruh spesies tumbuhan dan satwa liar yang dilarang dalam segala bentuk perdagangan internasional
  • Apendiks II
    Daftar spesies yang tidak terancam kepunahan, tetapi mungkin terancam punah bila perdagangan terus berlanjut tanpa adanya pengaturan
  • Apendiks III
    Daftar spesies tumbuhan dan satwa liar yang dilindungi di negara tertentu dalam batas-batas kawasan habitatnya, dan suatu saat peringkatnya bisa dinaikkan ke dalam Apendiks II atau Apendiks I.
Bagian yang diperdagangkan : minyak, telur, daging, kerapas


Pelepasliaran Penyu Hijau Di Pantai Blue Lagoon Padangbai Bali
Share This Post :