U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Kenapa Jumlah Subscriber Berkurang Atau Menurun

Kenapa Jumlah Subscriber Berkurang Atau Menurun? Apakah ada masalah dengan akun youtube terkait subscriber menurun, terus bagaimana solusi mengatasi subscriber berkurang atau menurun ini. Silakan dibaca hingga selesai. Saya akan kupas tuntas penyebab dan cara mengatasi jumlah subscriber yang terus menurun atau berkurang berdasarkan praktek pengalaman mengatasi subscriber menurun.



Kenapa Jumlah Subscriber Berkurang Atau Menurun
Kenapa Jumlah Subscriber Berkurang Atau Menurun

Dalam membangun sebuah Channel YouTube sebenarnya para calon YouTuber ataupun para YouTuber yang sudah sering beraktivtas upload menguploud konten video tentu sudah memahami apa yang menjadi Pedoman Komunitas YouTube. Suatu channel youtube akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan apabila telah dengan cermat, teliti dan paham peraturan youtube sebagaimana yang tertuang dalam Pedoman Komunitas YouTube. Pada kasus yang sering terjadi adalah subscriber yang hilang karena dihapus youtube.

Persyaratan youtube untuk monetisasi, channel harus sudah ditonton selama 4000 jam dan 1000 subscriber dalam 12 bulan terakhir. Maka banyak youtuber pemula yang akhirnya saling minta channelnya di subscribe termasuk saya sendiri karena belum membaca secara detail peraturan youtube. Rupanya hal ini diketahui oleh youtube.

Subscribe yang dikategorikan sebagai spam tidak dihitung, subscribe hilang karena dihapus youtube, terdapat perbedaan jumlah subscribe di My Channel dan Creator Studio, banyak yang di My Channel tetapi yang benar adalah jumlah yang di Creator Studio.

Kategori komentar yang dianggap spam :

1. Komentar dan Subscribe yang terlalu cepat sebelum menonton video
2. Komentar berulang dengan kalimat sama disertai kata-kata yang dianggap spam
3. Menuliskan link dikomentar youtube untuk promosi

Untuk itu kepada teman-teman youtuber janganlah melakukan 3 hal diatas supaya tidak terkena spam. Akun yang terlalu sering terjaring spam kemungkinan bisa di banned karena melanggar pedoman komunitas.
Namun sayangnya tidak semua YouTuber memahami dan membaca peraturan youtube secara lebih detail. Maaf saja dalam hal ini saya mengalaminya sendiri yaitu melakukan 3 hal tersebut dan akibatnya jumlah subscriber berkurang dan hilang. Kesalahan yang terjadi karena tidak membaca Pedoman Komunitas.

Saya cerita sedikit pengalaman yang saya alami sendiri pada akun channel youtube yang sedang dalam tahap pengembangan. Sebenarnya awal saya membuat channel youtube pada tahun 2012, namun hanya sempat uploud 4 video saja, itupun asal uploud saja tanpa memperhatikan pedoman komunitas, saya tidak membaca apa itu peraturan youtube. Trafik kunjungan pun berasal dari blog yang saya buat saat itu. Syukur-syukur video tersebut adalah hasil karya sendiri alias bukan video orang lain yang saya uploud. Sehingga akun saya masih aman sampai sekarang.

Yang pernah terjadi pada channel saya, yaitu Bali ID Channel akibat melanggar pedoman komunitas atau peraturan youtube :
  • Video dihapus youtube karena melanggar Pedoman Komunitas
    Dalam video tersebut dapat saya jelaskan bahwa pelanggaran yang saya lakukan adalah karena menggunakan gambar mini atau thumbail sebagai cover youtube yang dianggap terlalu membuai oleh tim youtube. Membuai maksudnya bahwa gambar mini yang saya gunakan tidak ada hubungannya dengan konten video sehingga dianggap menipu penonton. Silakan bisa dibaca artikel ini unutk Melihat Video Yang Dihapus Youtube Akibat Melanggar Pedoman Komunitas
  • Jumlah subscriber berkurang atau menurun
    Inilah jawaban atas judul artikel "Kenapa Jumlah Subscriber Berkurang Atau Menurun" Kenapa ini terjadi? Karena saya melakukan pelanggaran terhadap peraturan youtube/pedoman komunitas. Lagi-lagi terjadi pelanggaran akibat tidak membaca secara detail pedoman komunitas. Setelah terjadi kesalahan barulah belajar lagi dari kesalahan itu sendiri, mencari jawaban atas apa yang terjadi untuk perbaikan selanjutnya. 
  • Menggunakan latar belakang musik/audio yang berhak cipta
    Apabila hal ini terjadi maka akun kita akan mendapat teguran dari youtube. Jadi apabila ingin menggunakan latar belakang musik, gunakanlah musik/audio kita sendiri atau menggunakan musik bebas hak cipta dan bebas iklan. Silakan dipergunakan dengan maksimal, banyak penyedia konten musik untuk hal ini.

Dan inilah akibat yang terjadi pada akun saya setelah menerima teguran dari youtube :

  • Monetisasi tidak diaktifkan
    Pada awal Januari 2018 saya memonetisasi channel youtube dengan cara mendaftar adsense melalui youtube. Namun terjadi pelanggaran tanpa sengaja pada tanggal 6 Januari 2018. Lebih jelasnya bisa tonton videonya, di sini mengenai "Video Yang Dihapus Youtube"
    Kenapa Jumlah Subscriber Berkurang Atau Menurun
    Kenapa Jumlah Subscriber Berkurang Atau Menurun
  • Live dinonaktifkan
    Kemampuan melakukan live dicabut dalam waktu 90 hari atau sampai masalah terselesaikan. 
  • Masa teguran berlaku 3 bulan sejak dikeluarkannya teguran tersebut
    Teguran pada akun saya yaitu mulai 6 Januari 2018 s/d 6 April 2018, apabila hal ini terjadi maka akun kita akan mendapat teguran dari youtube. 
  • Jika menerima teguran lebih dari 1 teguran dalam periode 3 bulan, maka inilah yang akan terjadi pada akun :
    • Teguran kedua
      Tidak dapat memposting atau uploud video ke youtube dalam waktu 2 minggu
    • Teguran ketiga
      Teguran ketiga ini paling berat karena akun akan dihentikan. Jadi sangat disayangkan sekali channel yang dibangun dengan susah payah dihentikan begitu saja akibat pelanggaran. Jadi berhati-hatilah teman apabila ingin berkarya di youtube apalagi ingin monetisasi untuk menambah penghasilan.

Terus, sekarang apa solusi untuk mengatasi masalah subscriber menurun atau berkurang, saya sarankan membaca baik-baik 'Dasar-dasar Teguran Pedoman Komunitas' di sini!

Akhirnya sekarang ketemu jawaban atas pertanyaan ini : Kenapa Jumlah Subscriber Berkurang Atau Menurun?

Kembali lagi pada Pedoman Komunitas, kenapa jumlah subscriber saya berkurang, disebabkan karena komentar yang berbau spam, komentar yang dianggap spam akan dihapus dari subscriber oleh youtube, demikian pula dengan like juga mengalami hal yang sama.

Jumlah subscriber terus menurun akibat kata-kata yang masuk dalam komentar tergolong kategori spam. Beberapa kata yang dianggap spam dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
Kata-kata yang dianggap spam
Kata yang dianggap spam
Apa yang saya tuangkan dalam kata-kata yang dianggap spam oleh youtube di atas adalah hasil dari filter komentar yang dianggap spam secara otomatis oleh youtube. Lebih lengkapnya terkait jumlah subscriber, subsriber spam silakan membaca bantuan YouTube di sini!

Jadi demikian teman-teman rangkuman saya hari ini terkait dengan jumlah subscriber yang berkurang akibat komentar spam. Harap berhati-hatilah dalam berkomentar untuk menjaga kesehatan akun youtube. Intinya hindari untuk kata-kata yang menunjukkan saling subscribe secara atau pertukaran subscribe, daftar subscribe pada penyedia layanan subscribe, membeli subscribe, dsb. Ingat jaga akun youtube yang akan dimonetisasi agar bisa lolos adsense youtube.

Lakukanlah cara-cara alami untuk menambah jumlah subscriber tanpa spam. Misalnya posting video youtube di Google Plus dengan kata-kata yang tidak berbau spam, tidak usah menunjukkan screenshoot channel yang telah disubscribe, hati-hati ini bisa ketahuan nantinya yaitu menunjukkan gambar untuk pertukaran subscriber. Maaf jika saya salah pemahaman dalam hal ini. Mohon petunjuk pada teman-teman bila ada hal lain yang bisa membantu untuk melengkapi tulisan ini!

Akhir kata "Jangan lupa like dan subscribe ya para sahabat pembaca" silakan komentar yang tidak berbau spam, mari bersama menciptakan akun yang sehat terbebas dari spam. Sehingga suatu saat akun youtube dapat dimonetisasi. Saya juga akan melakukan hal yang sama tanpa komentar spam demi menjaga akun youtube tetap sehat.

Pada tanggal 13-14 Desember 2018 terjadi penurunan subscriber secara signifikan sebagai imbas penghapusan spam pada channel youtube. Pada waktu itu saya sendiri mengalami penurunan subcriber sampai 80-an subscriber yang hilang dari channel youtube.

I Gusti Bagus Sudiantara
Dari blogger menjangkau dunia. Selamat datang di blog menulis catatan konservasi, budaya Bali, blogger, dll. Salam lestari dan salam konservasi.

Related Posts

15 komentar

  1. Postingan bagus. Saya sangat setuju mari saling dukung tetapi dengan cara yang benar. tonton videonya komentari sesuai isi video. Salam sukses dari kami. Karta Video

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kawan, salam sukses, tetap semangat dan terus berkarya.

      Hapus
  2. Huhu samaa, youtube aku subribenya malah berkurang drastis gara gara saling subribe... Saya ke chanel orang untuk minta subcribe dan saya subcribe balik.. Eh ternyata malaj jadi bomerang subribe aku yurun drastis... Karena subribe yang lain juga dikira spam😭😭😭😭

    BalasHapus
  3. wah.. Artikel ini sangat bermanfaat, trimakasish atas pencerahanya

    BalasHapus
  4. Kalau pake app tambahan buat nambahin subscriber itu bahaya apa aman2 aja si bang, Kata usub Dan kawan2 , sempet nontonin video nambah subscriber yg gitu2 deh tapi takutttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya jangan demi amannya, karena itu termasuk cara cara buatan yg melanggar pedoman komunitas. Sebaiknya yg alami saja pasti bisa. Youtube sekarang semakin ketat, akan ketahuan nanti, banyak youtuber yg kehilangan subscriber, bisa krn subscriber spam, channel yg subscribe terhapus oleh youtube. Tetap sabar berkarya secara positif, semoga makin sukses dan berkembang. Terima kasih.

      Hapus
  5. ada cara gak gan liat siap" aja yg kena spam gtu? tertera akunya, biar tau gtu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek aja gan kolom komentar, kalau ada komentar yg masuk spam, itu berarti kena spam, disana terlihat nama channel yg kena spam.

      Hapus
  6. Lengkap dan jelas, seperti itulah namanya berproses yang tidak bisa instan, semua harus mengikuti waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sobat atas kunjungannya, tetap semangat mengikuti proses untuk hasil yang terbaik

      Hapus
  7. Kok bisa y berkurang..makasih infonya y
    #kopdaposa

    BalasHapus
  8. Gan cara mengatasi nya gimana, kaya nya saya juga terkena spam deh soal nya teman saya Subscribe channel saya ada 5 orng, tetapi pas saya chek Subscriber saya tidak bertambah mohon bantuan nya gann

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetab sabar dan semangat bang, tip subsribe biar ga kena spam, salah satunya dengan nonton videonya lebih kurang satu menit atau hingga selesai, kemudian subscribe dan tinggalkan komentar yang tidak ada unsur spam (sesuai pedoman komunitas) Pasti ngerti deh... channel yang di komentar akan membalasnya juga secara alami, dan itu akan aman buat kedua channel.

      Hapus
  9. Memang butuh perjuangan untuk jadi YouTuber baru, karena aturan yang baru memang lebih ketat, apalagi kalo channel kita masih baru harus bersabar dan usahakan menambah view count dan subscriber secara alami supaya aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sobat atas saran dan masukannya, semoga teman teman youtuber semua semakin sukses dalam berkarya.

      Hapus