Info berita, panduan membuat blog gratis di blogger dan wordpress, media sosial whatsapp, facebook, twitter, google plus. Berbagi cara dan kegiatan konservasi, dll.

Powered by Blogger.

About Me

My photo
Selamat datang di blog menulis catatan... mohon maaf belum sempat mengisi halaman profil ini dengan detail. Pada lain kesempatan saya update agar lebih indah dan nyaman untuk dibaca sebagai kata sambutan dan perkenalan diri melalui blog. Nama lengkap saya : I Gusti Bagus Sudiantara, dari Bali, pekerjaan di lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Demikian perkenalan singkat dari saya, tetap semangat dalam berkreativitas, melakukan yang terbaik, berguna dan bermanfaat buat kita semua. Bersyukur atas anugrah indah yang berkelimpahan tiada batas. Saya ucapkan "Selamat Tahun Baru 2018" Salam

Slider

[4] [Konservasi] [slider-top-big] [Slider Top]
You are here: Home / Kenapa Jumlah Subscriber Berkurang Atau Menurun

Kenapa Jumlah Subscriber Berkurang Atau Menurun

| 3 Comments

Kenapa Jumlah Subscriber Berkurang Atau Menurun? Apakah ada masalah dengan akun youtube terkait, terus bagaimana solusi mengatasi subscriber berkurang atau menurun ini. Silakan di baca hingga selesai. Saya akan kupas tuntas penyebab dan cara mengatasi jumlah subscriber yang terus menurun atau berkurang.



Kenapa Jumlah Subscriber Berkurang Atau Menurun
Kenapa Jumlah Subscriber Berkurang Atau Menurun
Dalam membangun sebuah Channel YouTube sebenarnya para calon YouTuber ataupun para YouTuber yang sudah sering beraktivtas upload menguploud konten video tentu sudah memahami apa yang menjadi Pedoman Komunitas YouTube. Suatu channel youtube akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan apabila telah dengan cermat, teliti dan paham peraturan youtube sebagaimana yang tertuang dalam Pedoman Komunitas YouTube. Pada kasus yang sering terjadi adalah subscriber yang hilang karena dihapus youtube.

Persyaratan youtube untuk monetisasi, channel harus sudah ditonton selama 4000 jam dan 1000 subscriber dalam 12 bulan terakhir. Maka banyak youtuber pemula yang akhirnya saling minta channelnya di subscribe termasuk saya sendiri karena belum membaca secara detail peraturan youtube. Rupanya hal ini diketahui oleh youtube.

Subscribe yang dikategorikan sebagai spam tidak dihitung, subscribe hilang karena dihapus youtube, terdapat perbedaan jumlah subscribe di My Channel dan Creator Studio, banyak yang di My Channel tetapi yang benar adalah jumlah yang di Creator Studio.

Kategori komentar yang dianggap spam :
1. Komentar dan Subscribe yang terlalu cepat sebelum menonton video
2. Komentar berulang dengan kalimat sama disertai kata-kata yang dianggap spam
3. Menuliskan link dikomentar youtube untuk promosi

Untuk itu kepada teman-teman youtuber janganlah melakukan 3 hal diatas supaya tidak terkena spam. Akun yang terlalu sering terjaring spam kemungkinan bisa di banned karena melanggar pedoman komunitas.
Namun sayangnya tidak semua YouTuber memahami dan membaca peraturan youtube secara lebih detail. Maaf saja dalam hal ini saya mengalaminya sendiri yaitu melakukan 3 hal tersebut dan akibatnya jumlah subscriber berkurang dan hilang. Kesalahan yang terjadi karena tidak membaca Pedoman Komunitas.

Saya cerita sedikit pengalaman yang saya alami sendiri pada akun channel youtube yang sedang dalam tahap pengembangan. Sebenarnya awal saya membuat channel youtube pada tahun 2012, namun hanya sempat uploud 4 video saja, itupun asal uploud saja tanpa memperhatikan pedoman komunitas, saya tidak membaca apa itu peraturan youtube. Trafik kunjungan pun berasal dari blog yang saya buat saat itu. Syukur-syukur video tersebut adalah hasil karya sendiri alias bukan video orang lain yang saya uploud. Sehingga akun saya masih aman sampai sekarang.

Inilah 4 (empat) video jadul di ditahun 2012 s/d 2013 yang saya ceritakan, silakan teman-teman mengunjunginya untuk mendukung channel saya. Jangan lupa like dan subscribe ya.


Yang pernah terjadi pada channel saya, yaitu Bali ID Channel akibat melanggar pedoman komunitas atau peraturan youtube :

  • Video dihapus youtube karena melanggar Pedoman Komunitas
    Dalam video tersebut dapat saya jelaskan bahwa pelanggaran yang saya lakukan adalah karena menggunakan gambar mini atau thumbail sebagai cover youtube yang dianggap terlalu membuai oleh tim youtube. Membuai maksudnya bahwa gambar mini yang saya gunakan tidak ada hubungannya dengan konten video sehingga dianggap menipu penonton. Silakan bisa dibaca artikel ini unutk Melihat Video Yang Dihapus Youtube Akibat Melanggar Pedoman Komunitas
  • Jumlah subscriber berkurang atau menurun
    Inilah jawaban atas judul artikel "Kenapa Jumlah Subscriber Berkurang Atau Menurun" Kenapa ini terjadi? Karena saya melakukan pelanggaran terhadap peraturan youtube/pedoman komunitas. Lagi-lagi terjadi pelanggaran akibat tidak membaca secara detail pedoman komunitas. Setelah terjadi kesalahan barulah belajar lagi dari kesalahan itu sendiri, mencari jawaban atas apa yang terjadi untuk perbaikan selanjutnya. 
  • Menggunakan latar belakang musik/audio yang berhak cipta
    Apabila hal ini terjadi maka akun kita akan mendapat teguran dari youtube. Jadi apabila ingin menggunakan latar belakang musik, gunakanlah musik/audio kita sendiri atau menggunakan musik gratis bebas hak cipta dan bebas iklan. Silakan dipergunakan dengan maksimal, banyak penyedia konten musik gratis untuk hal ini.

Dan inilah akibat yang terjadi pada akun saya setelah menerima teguran dari youtube :

  • Monetisasi tidak diaktifkan
    Pada awal Januari 2018 saya memonetisasi channel youtube dengan cara mendaftar adsense melalui youtube. Namun terjadi pelanggaran tanpa sengaja pada tanggal 6 Januari 2018. Lebih jelasnya bisa tonton videonya, di sini mengenai "Video Yang Dihapus Youtube"

    Kenapa Jumlah Subscriber Berkurang Atau Menurun
    Kenapa Jumlah Subscriber Berkurang Atau Menurun
  • Live streaming dinonaktifkan
    Kemampuan melakukan live streaming dicabut dalam waktu 90 hari atau sampai masalah terselesaikan. 
  • Masa teguran berlaku 3 bulan sejak dikeluarkannya teguran tersebut
    Teguran pada akun saya yaitu mulai 6 Januari 2018 s/d 6 April 2018, apabila hal ini terjadi maka akun kita akan mendapat teguran dari youtube. 
  • Jika menerima teguran lebih dari 1 teguran dalam periode 3 bulan, maka inilah yang akan terjadi pada akun :
    • Teguran kedua
      Tidak dapat memposting atau uploud video ke youtube dalam waktu 2 minggu
    • Teguran ketiga
      Teguran ketiga ini paling berat karena akun akan dihentikan. Jadi sangat disayangkan sekali channel yang dibangun dengan susah payah dihentikan begitu saja akibat pelanggaran. Jadi berhati-hatilah teman apabila ingin berkarya di youtube apalagi ingin monetisasi untuk menambah penghasilan.

Terus, sekarang apa solusi untuk mengatasi masalah ini, saya sarankan membaca baik-baik 'Dasar-dasar Teguran Pedoman Komunitas' di sini!

Akhirnya sekarang ketemu jawaban atas pertanyaan ini : Kenapa Jumlah Subscriber Berkurang Atau Menurun?

Kembali lagi pada Pedoman Komunitas, kenapa jumlah subscriber saya berkurang, disebabkan karena komentar yang berbau spam, komentar yang dianggap spam akan dihapus dari subscriber oleh youtube, demikian pula dengan like juga mengalami hal yang sama.

Kata-kata yang dianggap spam oleh youtube :

sub4sub
Subs dan like 4 nempel
Subs balik gan
Mampir colek balik
Subscribe permanen
Subs back
I love you
Subbed...help backs thanks
I subbed you
Subbed you back, thanks

Apa yang saya tuangkan dalam kata-kata yang dianggap spam oleh youtube di atas adalah hasil dari filter komentar yang dianggap spam secara otomatis oleh youtube. Lebih lengkapnya terkait jumlah subscriber, subsriber spam silakan membaca bantuan YouTube di sini!

Jadi demikian teman-teman rangkuman saya hari ini terkait dengan jumlah subscriber yang berkurang akibat komentar spam. Harap berhati-hatilah dalam berkomentar untuk menjaga kesehatan akun youtube. Intinya hindari untuk kata-kata yang menunjukkan saling subscribe secara atau pertukaran subscribe, daftar subscribe pada penyedia layanan subscribe, membeli subscribe, dsb. Ingat jaga akun youtube yang akan dimonetisasi agar bisa lolos adsense youtube.

Lakukanlah cara-cara alami untuk menambah jumlah subscriber tanpa spam. Misalnya posting video youtube di Google Plus dengan kata-kata yang tidak berbau spam, tidak usah menunjukkan screenshoot channel yang telah disubscribe, hati-hati ini bisa ketahuan nantinya yaitu menunjukkan gambar untuk pertukaran subscriber. Maaf jika saya salah pemahaman dalam hal ini. Mohon petunjuk pada teman-teman bila ada hal lain yang bisa membantu untuk melengkapi tulisan ini!

Akhir kata "Jangan lupa like dan subscribe ya teman-teman, ingat nonton videonya" silakan komentar yang tidak berbau spam, mari bersama menciptakan akun yang sehat terbebas dari spam. Sehingga suatu saat akun youtube dapat dimonetisasi. Saya juga akan melakukan hal yang sama tanpa komentar spam demi menjaga akun youtube tetap sehat.

Like dan Subscribe

Share This Post :