U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Melihat Video Yang Dihapus Youtube Akibat Melanggar Pedoman Komunitas

Suatu kesalahan yang melanggar Pedoman Komunitas dari youtube pernah terjadi pada channel saya. Untuk memperbaikinya agar tidak mengulang kesalahan yang sama kedua kalinya, sebaiknya membaca dan memahami Pedoman Komunitas untuk menciptakan akun yang sehat atau channel youtube dengan reputasi yang baik. Sehingga kita bisa dengan bebas memposting konten video dan live di youtube dan tentunya dengan mematuhi Pedoman Komunitas.

Apa yang saya alami saat ini, dengan berbagi informasi semoga tidak menimpa teman-teman yang berkecimpung di youtube. Ada 1 (satu) video saya yang dianggap melanggar Pedoman Komunitas sehingga video dihapus oleh youtube yaitu "Video dibuang : konten tidak pantas". Untuk melihat video yang di hapus youtube / dibuang sebagai konten tidak pantas :
  1. Login di channel YouTube, dibagian pojok kanan atas klik pada logo channel > pilih Creator Studio > Dipjok kiri atas klik menu garis yang bergaris datar, lalu pilih Channel Saya > Pengelola Video/Video Manager dibagian atas tepatnya disebelah subscriber dan penayangan.

    Melihat Video Yang Dihapus Youtube Akibat Melanggar Pedoman Komunitas
    Melihat Video Yang Dihapus Youtube Akibat Melanggar Pedoman Komunitas
  2. Tampilan video yang teruploud di youtube, termasuk video yang dihapus youtube sebagai konten tidak pantas.

    Melihat Video Yang Dihapus Youtube Akibat Melanggar Pedoman Komunitas
    Melihat Video Yang Dihapus Youtube Akibat Melanggar Pedoman Komunitas
Sekarang bagaimana cara melihat video yang dihapus youtube secara detail akibat melanggar Pedoman Komunitas. Untuk pertama kalinya saya mendapat peringatan pertama dari youtube bahwa saya melanggar pedoman komunitas youtube, karena itu konten video yang saya uploud ditinjau pihak youtube dan langsung dihapus dari channel youtube.
Cara mengetahui video yang dihapus youtube secara detail :
  1. Login terlebih dahulu pada channel youtube. 
  2. Dipojok kanan atas klik bagian logo channel lalu pilih Creator Studio
  3. Pilih Channel > Status dan Fiture > Pada bagian Status Pedoman Komunitas terlihat pelanggaran pedoman komunitas yang telah dilakukan. Untuk melihat video yang dihapus youtube, lihat detailnya maka akan tampil judul video yang telah dihapus youtube. Dan "Jika menerima tiga jenis teguran atau lebih dari daftar yang tercantum di atas, akun Anda akan dinonaktifkan" Demikian peringatan yang saya terima akibat tidak memahami Pedoman Komunitas.

    Melihat Video Yang Dihapus Youtube Akibat Melanggar Pedoman Komunitas
    Melihat Video Yang Dihapus Youtube Akibat Melanggar Pedoman Komunitas
  4. Pilih Judul video yang telah dihapus oleh pihak youtube. Maka akan tampil video yang telah dihapus youtube seperti terlihat pada screenshoot gambar di bawah ini :

    Melihat Video Yang Dihapus Youtube Akibat Melanggar Pedoman Komunitas
    Melihat Video Yang Dihapus Youtube Akibat Melanggar Pedoman Komunitas
    Melihat Video Yang Dihapus Youtube Akibat Melanggar Pedoman Komunitas
    Melihat Video Yang Dihapus Youtube Akibat Melanggar Pedoman Komunitas
Silakan pelajari kembali video yang dihapus oleh youtube :
Apakah konten video benar tidak sesuai dengan pedoman komunitas sehingga dianggap konten tidak pantas. Maka sebelum mengajukan banding ke pihak youtube, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu pedoman komunitas youtube agar paham dan menjadi tahu kenapa video dihapus youtube? Apabila sudah mengetahui letak kesalahannya dimana, maka tidak perlu untuk mengajukan banding atas keputusan dari tim youtube. Pelajari saja Pedoman Komunitas youtube agar tidak mengulang kesalahan. 
Belajar dari kesalahan, jangan sampai mengulang kesalahan yang kedua kalinya. Setelah saya membaca pedoman komunitas lebih detail lagi, akhirnya saya menyadari bahwa saya melanggar ketentuan Pedoman Komunitas hingga mendapat teguran pertama dan tidak tanggung-tanggung, tegurannya berkahir dalam batas waktu 3 (tiga) bulan.

Kesalahan tidak mematuhi pedoman komunitas dengan menguploud konten yang tidak layak :
  1. Video saya menggunakan gambar mini (thumbail) yang tidak ada hubungannya dengan video yang telah diuploud. Karena kesalahan setelan gambar thumbail di channel youtube.
  2. Video yang dihapus youtube adalah hasil dari live youtube menggunakan aplikasi Streamtube. Dimana kesalahan saya adalah menggunakan logo Streamtube dalam video yang diklaim sebagai konten berhak cipta.
  3. Pada saat itu saya belum bisa live dari youtube karena belum memenuhi persyaratan sebagaimana tertuang dalam pedoman komunitas, bahwa untuk bisa live dari youtube, minimal memiliki 25 subscribe.
  4. Kesalahan dalam deskripsi video, yaitu saya membuat deskripsi terkait dengan pedoman komunitas, yaitu saya menulis 10.000 subsribe, yang seharusnya tertulis 25 subscribe atau lebih. Mohon maaf kepada pihak youtube dan penonton serta subscriber atas kesalahan yang saya lakukan karena faktor ketidaksengajaan dan tidak memahami secara detail yang menjadi Pedoman Komunitas.

    Melihat Video Yang Dihapus Youtube Akibat Melanggar Pedoman Komunitas
    Melihat Video Yang Dihapus Youtube Akibat Melanggar Pedoman Komunitas
    Bisa dibaca pada Persyaratan untuk YouTube Live dibagian Seluler. Jadi kesalahan ini sangat vatal bila dibaca penonton, terkesan menyesatkan penonton youtube karena sembarang membuat deskripsi, apalagi kaitannya dengan youtube. Video dianggap sebagai konten yang tidak pantas oleh Team YouTube.
  5. Kesalahan dalam membuat tag untuk video, karena ingin cepat menyelesaikan video, saya mengcopy tag video yang sudah ada. Jadi terkesan tag tersebut menyesatkan karena tidak sesuai dengan konten video yang diuploud, konten dianggap sebagai spam.
  6. Durasi Live hanya 12 detik, saya tidak tahu pasti apakah ini juga dianggap spam. Mohon petunjuk, kritik dan saran dari teman-teman blogger.
Itulah catatan hari ini terkait video yang dihapus youtube. Jadi sebaiknya dalam menguploud video ke youtube mesti berpedoman pada aturan youtube dengan memahami Pedoman Komunitas. Jangan sampai melakukan pelanggaran pedoman komunitas. Karena sesuai dengan email yang saya terima dari youtube terkait dengan video yang dihapus tersebut merupakan teguran Pedoman Komunitas atau hukuman sementara terhadap akun saya di youtube yang berlaku selama tiga bulan. Jangan sampai ada kesalahan lagi atau mengulang kesalahan yang sama lagi.

Perlu diingat jangan sampai ada teguran tambahan karena dapat dilarang memposting konten ke youtube atau akun bisa dinonaktifkan. Inilah pengalaman pertama saya mendapat teguran pedoman komunitas dari youtube. Jadi lebih berhati-hati dalam memposting video pada Channel Youtube yang telah kita bangun dengan susah payah.

Coba perhatikan screenshoot, ini adalah email yang saya terima dari Tim YouTube "Video Anda telah dihapus dari YouTube" sebagai pedoman saya untuk belajar YouTube dengan membaca dan memahami serta dapat mengimplementasikan dalam memposting konten video di YouTube.
Melihat Video Yang Dihapus Youtube Akibat Melanggar Pedoman Komunitas
Melihat Video Yang Dihapus Youtube Akibat Melanggar Pedoman Komunitas
Di bagian bawah postingan ini adalah video yang dihapus youtube. Sudah saya sematkan di artikel ini untuk melengkapi tulisan perihal "Melihat Video Yang Dihapus Youtube Akibat Melanggar Pedoman Komunitas" Untuk cara pemasangan video youtube, saya sudah menulis catatannya di blog ini. Silakan baca postingan Cara Pasang YouTube Di Blogspot.


Jadi dampak terhadap channel atau akun youtube akibat melanggar Pedoman Komunitas yang saya alami saat ini :
  1. Video dihapus oleh youtube
  2. Live dinonaktifkan / dicabut dalam waktu 90 hari atau sampai masalah terselesaikan
Demikian info hari ini yang bisa saya sampaikan dan sebagai pedoman pula buat saya sendiri untuk belajar dari kesalahan. Jadi untuk berikutnya dalam menggunggah video ke youtube agar selalu mematuhi pedoman komunitas. Salam sukses dan semoga bermanfaat buat kita semua.
I Gusti Bagus Sudiantara
Dari blogger menjangkau dunia. Selamat datang di blog menulis catatan konservasi, budaya Bali, blogger, dll. Salam lestari dan salam konservasi.

Related Posts

3 komentar

  1. Video yang dihapus youtube tidak bisa dikembalikan karena memang benar melanggar pedoman komunitas. Setelah masa teguran dalam 3 bulan berakhir secara otomatis fitur yg disusfend normal kembali.

    BalasHapus
  2. Kalo kena suspen 3 kali gimana apaka dalam jangka 3 bulan akan di kembalilan atau bagaimana????

    BalasHapus
  3. Kalo kena strek 3 kali dan akin tersebut di hentikan apakah pelanggaran nya selama 3 akan notmal kemabali???

    BalasHapus