Info berita, panduan membuat blog gratis di blogger dan wordpress, media sosial whatsapp, facebook, twitter, google plus. Berbagi cara dan kegiatan konservasi, dll.

Powered by Blogger.

About Me

My photo
Selamat datang di blog menulis catatan... mohon maaf belum sempat mengisi halaman profil ini dengan detail. Pada lain kesempatan saya update agar lebih indah dan nyaman untuk dibaca sebagai kata sambutan dan perkenalan diri melalui blog. Nama lengkap saya : I Gusti Bagus Sudiantara, dari Bali, pekerjaan di lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Demikian perkenalan singkat dari saya, tetap semangat dalam berkreativitas, melakukan yang terbaik, berguna dan bermanfaat buat kita semua. Bersyukur atas anugrah indah yang berkelimpahan tiada batas. Saya ucapkan "Selamat Tahun Baru 2018" Salam

Slider

[4] [Konservasi] [slider-top-big] [Slider Top]
You are here: Home / , Cara Membuat Akun Feedburner Untuk Blogspot Dengan Benar

Cara Membuat Akun Feedburner Untuk Blogspot Dengan Benar

| No comment
Cara Membuat Akun Feedburner Untuk Blogspot Dengan Benar
Cara Membuat Akun Feedburner Untuk Blogspot Dengan Benar

Topik artikel kali ini membahas tentang feedburner : 


Apa itu feedburner?
Bagaimana cara mendaftar feedburner? dan cara setting akun feedburner dengan benar untuk blogspot


Cara membuat akun feedburner untuk blogspot dengan benar. Setting yang benar untuk optimasi blog. Apa itu feedburner atau rss feed. Bagaimana cara seting feedburner agar blog menjadi rapi dan lebih teroptimasi di google.

Saat mengunjungi suatu situs website atau blog, sering kita jumpai pada bagian sidebar ataupun footer sebuah widget Email Subscription, berlangganan artikel secara gratis via RSS Feed dan lain sebagainya. Sebagai pembaca blog saya tidak memperhatikan apa sebenarnya arti RSS Feed itu.

Sehingga update artikel terbaru dari blog favorit kita jadi terlewatkan karena kita tidak berlangganan artikel secara gratis via RSS Feed. Artikel mengenai arti RSS Feed ini saya buat berawal dari melakukan submit sitemap di bing webmaster tools.

Apa itu feedburner

Url yang saya submit tersebut salah satunya menggunakan format xml (Extensible Markup Language). Nah agar teman - teman lebih memahaminya, dari sinilah kita bahas arti RSS Feed. RSS (Really Simple Syndication), jika diartikan dalam Bahasa Indonesia yaitu kumpulan yang benar-benar mudah yaitu berupa sebuah file xml. Sedangkan Feed itu artinya memberi umpan, yang dimaksudkan umpan di sini adalah umpan web yang merupakan format data yang dipergunakan untuk pelayanan update data.

Jadi arti RSS Feed itu dapat dikatakan merupakan sebuah file xml yang benar-benar memudahkan publisher untuk memberi umpan kepada pembaca untuk berlangganan artikel yang diupdate secara teratur pada web atau blog yang menyediakan umpan RSS atau RSS Feed.

Sedangkan Feed Burner merupakan suatu layanan teknologi internet berfungsi memudahkan para publisher untuk mempromosikan artikel yang telah dipublish dengan segera.

Menurut pendapat saya pribadi, RSS Feed dan Feed Burner ini bermanfaat buat blog yang kita kelola dalam upaya optimasi di mesin pencari google, apalagi layanan milik google ini disediakan secara gratis, Jadi ya saya manfaatkan saja fasilitasnya untuk update setiap artikel yang kita publish di blog.

Cara Mendaftar feedburner atau membuat akun feedburner

Bagaimana cara membuat akun feedburner dan rss feed, mudah saja, langsung mendaftar feedburner dan ikuti petunjuk selanjutnya :
  1. Di halaman feedburner, pada kotak isian "Burn a feed right this instant" isi dengan alamat blog/rss.xml. Contohnya saya pakai alamat blog : tulisan78.blogspot.co.id/rss.xml

    Cara Membuat Akun Feedburner Untuk Blogspot Dengan Benar
    Cara Membuat Akun Feedburner Untuk Blogspot Dengan Benar
  2. Secara otomatis akan diarahkan halaman berikutnya yang berisi tentang judul dan alamat feed burner, silakan dimodifikasi sesuai keinginan. Dalam hal ini saya pakai sesuai judul blog dan alamat blog. Yaitu, untuk judul feed : Menulis Catatan, alamat feed : tulisan78. Jadinya feed burner untuk blog menulis catatan adalah : http://feeds.feedburner.com/tulisan78 
  3. Selanjutnya Next... maka akan tampil alamat feed burner yang telah didaftarkan.

    Cara Membuat Akun Feedburner Untuk Blogspot Dengan Benar
    Cara Membuat Akun Feedburner Untuk Blogspot Dengan Benar
  4. Silakan uji coba alamat feedburner tersebut. Tampilan secara default di halaman feedburner adalah full artikel. Kurang nyaman dan tidak rapi kelihatannya untuk pembaca.
  5. Setting feedburner dengan benar, rapikan postingan di halaman feedburner dengan cara melakukan setting di feedburner.
  6. Setting feedburner : Pilih menu Optimize > Summary Burner > biarkan settingan standar untuk panjang kalimat yaitu 200 karakter, isi teaser sesuai gaya bahasa yang nyaman untuk di baca, lalu save.

    Cara Membuat Akun Feedburner Untuk Blogspot Dengan Benar
    Cara Membuat Akun Feedburner Untuk Blogspot Dengan Benar
  7. Cara setting feedburner di blogspot : login di blogger, pilih Setelan - Lainnya - URL Alihan Feed Postingan ? Pada kotak isian feed, masukkan feedburner blog yang sudah didaftarkan pada situs feedburner.

    Cara Setting Feedburner Di Blogspot
    Cara Setting Feedburner Di Blogspot
  8. Uji coba RSS Feed yang telah didaftarkan di Feed Burner dengan cara membuka alamat rss feed yang sudah didaftarkan pada browser. Contohnya rss feed untuk blog menulis catatan dengan RSS Feed yang telah didaftarkan yaitu : http://tulisan78.blogspot.co.id/rss.xml. Bila berhasil maka secara otomatis alamat RSS Feed akan dialihkan ke Feed Burner. 
  9. Selanjutnya untuk optimasi blog pada mesin pencari di bing jangan lupa submit rss feed blog di bing webmaster tool.
Demikian catatan blog saya pada hari ini tentang pengertian feedburner, cara mendaftar feedburner dan cara setting feedburner di blogspot yang dirangkum dalam sebuah postingan "Cara Membuat Akun Feedburner Untuk Blogspot Dengan Benar" semoga bermanfaat.


Share This Post :