Info berita, panduan membuat blog gratis di blogger dan wordpress, media sosial whatsapp, facebook, twitter, google plus. Berbagi cara dan kegiatan konservasi, dll.

Powered by Blogger.

About Me

My photo
Selamat datang di blog menulis catatan... mohon maaf belum sempat mengisi halaman profil ini dengan detail. Pada lain kesempatan saya update agar lebih indah dan nyaman untuk dibaca sebagai kata sambutan dan perkenalan diri melalui blog. Nama lengkap saya : I Gusti Bagus Sudiantara, dari Bali, pekerjaan di lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Demikian perkenalan singkat dari saya, tetap semangat dalam berkreativitas, melakukan yang terbaik, berguna dan bermanfaat buat kita semua. Bersyukur atas anugrah indah yang berkelimpahan tiada batas. Saya ucapkan "Selamat Tahun Baru 2018" Salam

Slider

[4] [Konservasi] [slider-top-big] [Slider Top]
You are here: Home / , Cara Instal Windows 10 Di Macbook Air Dengan Bootcamp

Cara Instal Windows 10 Di Macbook Air Dengan Bootcamp

| 1 Comment

Cara Install Windows 10 Bootcamp, 

Cara instal windows di macbook dengan bootcamp merupakan solusi untuk mengatasi masalah buat para pemilik macbook yang masih belum familiar dalam penggunaan mac secara keseluruhan. Apple telah menyediakan aplikasi buat para penggunannya yang ingin menggunakan windows di macbook dengan menyediakan aplikasi BOOTCAMP.

Bagaimana cara instal windows 10 boot camp? Silakan dibaca-baca dan tonton videonya, jangan lupa subscribe, dan terima kasih atas dukungannya.

Pengguna macbook dapat dengan mudah menggunakan windows di mac dengan cara melakukan dual boot menggunakan bootcamp. Sekarang akan saya ceritakan sedikit pengalaman saat pertama kali menggunakan macbook air. Maklum saja karena keterbatasan dalam menulis, jadi ini adalah sebagai pengingat buat saya secara global saja alias tidak sedetail ingatan saya dalam menggunakan macbook.
  • Kecepatan booting macbook jauh lebih cepat dibandingkan windows
  • Aplikasi mac dapat digunakan dengan lancar, semisal membuka aplikasi imovie, photoshop, adobe air, dsb.
  • Terdapat perbedaan dalam pengaturan penggunaan aplikasi microsoft (word, exel, power point). Hal yang saya alami dalam penggunaan aplikasi word, exel dan power point di mac pada dasarnya tidak ada masalah apabila hasil pekerjaan kita yang mau diprint misalnya, maka print saja langsung dari macbook karena bila disimpan ke USB dan dikoneksikan ke windows, terjadi perubahan setting pada dokumen yang telah kita simpan. Hasil kerja yang tersimpan di macbook ini tidak sesuai pengaturannya bila di buka di pc atau laptop windows karena pengaturannya berubah. Jadi hasil pekerjaan yang telah selesai dan sudah kita simpan mesti diatur ulang di pc/ laptop windows. Jadi memang merepotkan, pekerjaan jadi lama.
  • Apple sebenarnya sudah menyediakan aplikasi office gratis bawaan di macbook, seperti aplikasi pages, number, keynote. Pages fungsinya seperti word, number sama dengan exel kalau di windows, sedangkan keynote fungsinya sama dengan power point. Bahkan penggunaan keynote ini kalau menurut pendapat saya lebih power full karena hasil pekerjaan dapat di conversi dengan mudah ke dalam format video, pdf, html, dsb.
  • Namun karena belum terbiasa dalam penggunaan aplikasi office dan dukungan untuk windows penggunaan di windows jadi kurang pas menyebabkan saya kembali ke windows terutama dalam kebutuhan fitur aplikasi office microsoft windows.
Langsung pada topik 'Cara Instal Windows 10 Di Macbook Air Dengan Bootcamp' Hal yang perlu disiapkan adalah :
  1. Macbook berbasis intel
  2. File ISO Image Windows 64 bit, bisa Windows 7, Windows 8, Windows 10, sekali lagi ingat yang 64 bit karena baru versi 64 bit yang disupport untuk instal windows di mac dengan BOOTCAMP
  3. Windows driver support untuk bootcamp, bisa langsung unduh melalui bootcamp
  4. Jalankan aplikasi bootcamp 
Di bawah ini sudah saya sertakan update video cara membuat usb bootable windows 10 di bootcamp, silakan ditonton dan dibaca juga deskripsi video sehingga tidak ada yang terlewat panduannya. Jangan lupa like dan subscribe ya teman-teman, semoga berhasil menginstal windows 10 di mac dengan mengikuti panduan yang saya jelaskan ini.


Penjelasan Cara Instal Windows 10 Di Macbook Air Dengan Bootcamp :

Setelah semua peralatan disiapkan, langkah-langkah yang dilakukan adalah :

MEMBUAT BOOTABLE USB WINDOWS 10 DENGAN BOOTCAMP. 
  1. Menjalankan aplikasi BOOTCAMP di macbook dan koneksi ke internet
  2. Centang 'Create a Windows 7 or latter version install disk dan biarkan centang 'Download the latest Windows support sofware from Apple' maka secara otomatis windows support sofware akan terunduh ke flasdish bootable. Proses pembuatan bootable windows di flasdisk dan proses download windows support sofware berlangsung sekitar (1) satu jam, tergantung pula pada kecepatan koneksi internet.

    Cara Instal Windows Di Macbook Dengan Bootcamp
    Cara Instal Windows Di Macbook Dengan Bootcamp
  3. Klik continue, choose/buka ISO image yang sudah disiapkan, lalu pilih flasdisk yang sudah terkoneksi dengan macbook.

    Cara Instal Windows Di Macbook Dengan Bootcamp - ISO Image
    Cara Instal Windows Di Macbook Dengan Bootcamp
  4. Continue, usb flasdisk akan terformat dan tunggu proses bootable dan proses download hingga seleai, lalu Quit

    Cara Instal Windows Di Macbook Dengan Bootcamp
    Cara Instal Windows Di Macbook Dengan Bootcamp
Video Cara Membuat Bootable Windows Di Bootcamp :


Setelah proses pembuatan bootable usb windows di flasdisk selesai. Lanjutkan ke langkah berikutnya untuk menginstal windows 10 di mac. Di bawah ini panduan cara instal windows bootcamp :

Menginstal Windows Di Macbook Air

  1. Dengan usb yang masih terkoneksi ke macbook, pada aplikasi BOOTCAMP klik continue > centang 'Windows 7 or later version'

    Cara Instal Windows Di Macbook Dengan Bootcamp
    Cara Instal Windows Di Macbook Dengan Bootcamp
  2. Pada tampilan sistem operasi mac dan windows, geser dibagian tengah untuk merubah kapasitas yang akan dipergunakan untuk instalan windows. Kapasitas standar windows adalah 36 GB untuk kapasitas SSD mac 120 GB. Selanjutnya klik Instal.

    Cara Instal Windows Di Macbook Dengan Bootcamp
    Cara Instal Windows Di Macbook Dengan Bootcamp

  3. Tunggu prosesnya dan ikuti petunjuk selanjutnya sebagaimana halnya langkah - langkah menginstal windows 10. Melengkapi artikel ini, sudah saya buatkan videonya, silakan ditonton bagaimana caranya menginstal windows 10 di macbook air dengan bootcamp.

Demikian catatan blog pada hari ini. Untuk postingan lainnya yang berkaitan dengan solusi mengatasi SSD mac yang kehabisan ruang, silakan baca artikel "Cara Instal Mac OS Sierra Dari USB Ke SSD External"

Akhir kata 'Jangan Lupa Like dan Subscribe ya channel ini untuk update artikel dan video berikutnya. Atas dukungannya saya ucapkan terima kasih.


Share This Post :