Info berita, panduan membuat blog gratis di blogger dan wordpress, media sosial whatsapp, facebook, twitter, google plus. Berbagi cara dan kegiatan konservasi, dll.

Powered by Blogger.

About Me

My photo
Selamat datang di blog menulis catatan... mohon maaf belum sempat mengisi halaman profil ini dengan detail. Pada lain kesempatan saya update agar lebih indah dan nyaman untuk dibaca sebagai kata sambutan dan perkenalan diri melalui blog. Nama lengkap saya : I Gusti Bagus Sudiantara, dari Bali, pekerjaan di lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Demikian perkenalan singkat dari saya, tetap semangat dalam berkreativitas, melakukan yang terbaik, berguna dan bermanfaat buat kita semua. Bersyukur atas anugrah indah yang berkelimpahan tiada batas. Saya ucapkan "Selamat Tahun Baru 2018" Salam

Slider

[4] [Konservasi] [slider-top-big] [Slider Top]
You are here: Home / , , Cara Instal Mac OS Sierra Dari USB Ke SSD External

Cara Instal Mac OS Sierra Dari USB Ke SSD External

| No comment
Cara Instal Mac OS Sierra Dari USB Ke SSD External
Cara Instal Mac OS Sierra Dari USB Ke SSD External


Instal Mac OS Sierra Dari USB Ke SSD External adalah suatu cara mengatasi SSD macbook yang terbatas dengan biaya lebih terjangkau.


Untuk menginstal macOS bisa dilakukan dengan menggunakan USB bootable mac atau langsung mengunduh file installer macos terbaru, setelah selesai mengunduh tinggal instal maka sistem akan berjalan otomatis untuk menginstal macos. Namun dengan cara ini maka file installer yang telah diunduh tadi akan langsung terhapus dari mac. untuk itu sebaiknya disimpan dulu file installer macos nya untuk bisa dibuatkan USB bootable mac sehingga suatu saat mau instal ulang mac kita sudah punya backup untuk diinstal kembali di mac. Untuk cara instalnya silakan bisa juga menonton video YouTube di channel saya : "Cara Instal Mac OS Sierra Dari USB Ke SSD External"

Instal mac OS Sierra dari USB ke SSD atau HDD External, bisa dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan menggunakan USB Bootable. Tergantung pada kondisi dari mac OS itu sendiri, maksudnya ssd internal macOS apakah sudah mencukupi kebutuhan untuk penginstalan berbagai aplikasi dan penyimpanan file photo. Dari pengalamanku menggunakan macbook dengan SSD 120 GB ternyata tidak cukup ruang untuk penginstalan aplikasi dan file photo karena mac terus ada peringatan disk full, pekerjaan pun jadi terganggu.

Kenapa penyimpanan di SSD mac OS cepat penuh penuh ? Penyebabnya ada beberapa hal, salah satunya SSD penyimpanan di macbook yang bisa dibilang relatif kecil, misalnya 60 GB atau 120 GB. Belum lagi ditambah keinginan untuk membuat dual boot di mac semisal menggunakan bootcamp untuk menginstal windows, bisa-bisa macbook kehabisan ruang, seperti yang terjadi pada macbook air saya dengan kapasitas 120 GB.

Selain menginstal berbagai aplikasi, saya juga menyimpan photo-photo iphone 5 ke macbook. Dengan melakukan penyimpanan photo di macbook ini maka secara otomatis mac akan memilah file photo sesuai lokasi, tanggal, pengenalan wajah orang, semua akan terkumpul secara otomatis. Terbentuk dalam sebuah file yang bisa langsung dijadikan video memory. Hal ini membuat kapasitas ssd internal macbook memerlukan ruang yang lebih lega.

Untuk mengatasi masalah penyimpanan di macbook karena SSD kepenuhan/full disk, ada 2 (dua) solusi menurut pandangan saya pribadi, yaitu :
  1. Upgrade SSD macbook dari 120 GB ke 256 GB. Cara ini membutuhkan dana tambahan yang lumayan buat saya, karena SSD 256 GB untuk macbook harganya terbilang mahal.
  2. Membeli SSD external 240 GB. 
Dari 2(dua) solusi tersebut, saat ini saya memilih cara yang ke-2, yaitu membeli SSD external 240 GB ukuran 2,5" merk Kingston dengan kisaran harga Rp. 1 Juataan di Jaknot, terasa jauh lebih murah dibandingkan dengan mengupgrade SSD. Tambahan untuk casing SSD Kingston saya menggunakan 'Cliptec USB3.0 HDD Enclosure' Dan USB Flasdisk 8 GB TOSHIBA sebagai bootable USB mac OS Sierra.

Pada SSD internal macbook yang biasanya secara default bernama Machintos HD, nanti akan saya jadikan dual boot dengan menginstal windows 10 di macbook air menggunakan bootcamp agar bisa beralih ke windows dengan mudah setiap saat bila dibutuhkan. Bootcamp akan disetting sebagai startup disk macbook. Dan SSD external kapasitas 240 GB yang telah terinstal OS Sierra saya gunakan untuk menginstal berbagai aplikasi mac sesuai kebutuhan.

Demikian beberapa langkah yang saya lakukan dalam mengatasi SSD internal macbook yang kehabisan kapasitas ruang penyimpanan. Sehingga dengan demikian muncul suatu ide untuk menuliskan artikel ini dengan tema 'Cara Instal Mac OS Sierra Dari USB Ke SSD External'

Jadi peralatan yang dibutuhkan untuk instal macOS Sierra dari USB ke SSD external :
  1. Installer mac OS Sierra atau macOS High Sierra, unduh di App Store
  2. USB Flashdisk 8 GB untuk Membuat Bootable USB Mac OS Sierra. Cara membuat bootablenya bisa menggunakan sebuah aplikasi mac gratis yaitu Instal Disk Creator. Silakan diunduh pada link google drive yang telah saya sediakan. Dan sebagai gambaran cara penggunaan aplikasi tersebut untuk membuat bootable mac OS Sierra bisa lihat videonya di bawah ini. 
  3. SSD external
  4. Casing SSD

Instal Mac OS Sierra Dari USB Ke SSD External

  1. Hubungkan bootable USB mac OS Sierra dan SSD external ke macbook
  2. Restart macbook, lalu tekan tombol option 'alt' pada keyboard mac
  3. Pilih drive 'Instal macOS Sierra'
  4. Continue dan tunggu proses, ikuti petunjuk instalasi mac OS.
Video Cara Instal Mac OS Sierra Dari USB Ke SSD External :

Dengan melakukan instalasi mac OS Sierra di SSD external, mac OS dapat disinkronkan antara SSD internal (Machintos HD) dengan mac OS di SSD external. Hasil uji coba yang pernah saya lakukan yaitu :

  1. Photo dan video di iphone saya transfer ke mac OS di SSD external, besaran file sekitar 31,4 GB, bila dibutuhkan tinggal saya buka di mac OS internal.

    Cara Instal Mac OS Sierra Dari USB Ke SSD External
    Cara Instal Mac OS Sierra Dari USB Ke SSD External
  2. Aplikasi imovie juga bisa disinkronkan, video edit yang ada pada aplikasi mac OS di SSD external bisa dibuka di machintos HD. Untuk aplikasi lainnya belum saya uji coba. Baru aplikasi yang sering digunakan saja saya tes.
  3. Catatan untuk bisa sinkronisasi antara mac OS di SSD internal dengan mac OS di SSD External, syaratnya versi mac OS harus sama. Pernah saya alami saat mac OS di SSD internal saya upgrade ke macOS High Sierra, sedangkan macOS di SSD external masih versi mac OS Sierra. Jadi beda versi menyebabkan tidak bisa sinkron.
  4. Penyimpanan SSD internal pada machintos HD tetap lega dan tidak mendapat peringatan disk full.
Demikian cara saya mengatasi SSD mac OS yang kehabisan kapasitas ruang dan manfaat yang didapat dengan melakukan dengan menginstal mac OS di SSD external, semoga dapat memberi manfaat buat kita semua. Jangan lupa like dan subscribe ya untuk update artikel dan video berikutnya dan terima kasih atas dukungannya.

Share This Post :