Info berita, panduan membuat blog gratis di blogger dan wordpress, media sosial whatsapp, facebook, twitter, google plus. Berbagi cara dan kegiatan konservasi, dll.

Powered by Blogger.

About Me

My photo
Selamat datang di blog menulis catatan... mohon maaf belum sempat mengisi halaman profil ini dengan detail. Pada lain kesempatan saya update agar lebih indah dan nyaman untuk dibaca sebagai kata sambutan dan perkenalan diri melalui blog. Nama lengkap saya : I Gusti Bagus Sudiantara, dari Bali, pekerjaan di lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Demikian perkenalan singkat dari saya, tetap semangat dalam berkreativitas, melakukan yang terbaik, berguna dan bermanfaat buat kita semua. Bersyukur atas anugrah indah yang berkelimpahan tiada batas. Saya ucapkan "Selamat Tahun Baru 2018" Salam

Slider

[4] [Konservasi] [slider-top-big] [Slider Top]
You are here: Home / Perdirjen PHKA No : P.6/IV-SET/2012

Perdirjen PHKA No : P.6/IV-SET/2012

| No comment
PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PERLINDUNGAN HUTAN DAN KONSERVASI ALAM
Nomor : P. 6/IV-SET/2012

TENTANG

PEDOMAN PENGAWASAN DAN EVALUASI 
PENGUSAHAAN PARIWISATA ALAM DI SUAKA MARGASAlWA, 
TAMAN NASIONAL, TAMAN HUTAN RAYA DAN TAMAN WISATA ALAM

DIREKTUR JENDERAL PERLINDUNGAN HUTAN DAN KONSERVASI ALAM,

Dalam peraturan ini yang dimaksud dengan :
  1. Pariwisata Alam adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata alam, termasuk usaha pemanfaatan obyek dan daya tarik serta usaha-usaha yang terkait dengan wisata alam.
  2. Wisata Alam adalah kegiatan perjalanan atau sebagian dari kegiatan tersebut yang dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati gejala keunikan dan keindahan alam di kawasan suaka margasatwa, taman nasional, taman hutan raya, dan taman wisata alam.
  3. Pengusahaan Pariwisata Alam adalah suatu kegiatan untuk menyelenggarakan usaha pariwisata alam di suaka margasatwa, taman nasional, taman hutan raya, dan taman wisata alam berdasarkan rencana pengelolaan.
  4. Izin Usaha Penyediaan Jasa Wisata Alam yang selanjutnya disingkat IUPJWA adalah izin usaha yang diberikan untuk penyediaan jasa wisata alam pada kegiatan wisata alam.
  5. Izin Usaha Penyediaan Sarana Wisata Alam yang selanjutnya disingkat IUPSWA adalah izin usaha yang diberikan untuk penyediaan fasilitas sarana serta pelayanannya yang diperlukan dalam kegiatan pariwisata alam.
  6. Pengawasan Pengusahaan Pariwisata Alam adalah inspeksi/audit terhadap seluruh proses kegiatan pengusahaan pariwisata alam agar dapat berjalan sesuai dengan rencana dan ketentuan peraturan perundang-undangan. 
  7. Evaluasi Pengusahaan Pariwisata Alam adalah kajian dan penilaian terhadap implementasi izin usaha pengusahaan pariwisata alam yang diberikan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kebijakan. 
  8. Kriteria Kinerja Pengusahaan Pariwisata Alam adalah kondisi/aspek/ukuran yang menjadi dasar pertimbangan untuk memberikan penilaian atau penetapan suatu kegiatan di dalam kerangka pencapaian pelaksanaan prinsip dan tujuan pengusahaan pariwisata alam. 
  9. Indikator Kinerja Pengusahaan Pariwisata Alam adalah pernyataan terukur yang menunjukkan pencapaian kriteria, serta merupakan sifat atau atribut atau deskriptif yang secara kuantitatif maupun kualitatif dapat diukur atau dipantau secara periodik, yang akan menunjukkan suatu arah perubahan dalam kegiatan pengusahaan pariwisata. 
  10. Direktorat Jenderal adalah unit kerja eselon I di Iingkungan Kementerian Kehutanan yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan pariwisata alam; 
  11. Unit Pelaksana Teknis yang selanjutnya disingkat UPT adalah UPT Direktorat Jenderal yang membidangi perlindungan hutan dan konservasi alam, yang mengelola suaka margasatwa, taman nasional, dan taman wisata alam. 
  12. Unit Pelaksana Teknis Daerah selanjutnya disebut UPTD adalah UPT Pemerintah Daerah (provinsi atau kabupaten/kota) yang mengelola taman hutan raya dan/atau membidangi kehutanan. 
  13. Lembaga Pengawas Independen Pengusahaan Pariwisata A1am yang selanjutnya disingkat LPIPPA adalah lembaga pengawas terakreditasi di bidang pengusahaan pariwisata alam. 
Perdirjen PHKA No : P.6/IV-SET/2012 :

Share This Post :