U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Cara Pasang Youtube Di Blogspot

Menampilkan sebuah video youtube di blog dimaksudkan untuk meningkatkan kunjungan terhadap sebuah channel dan sekaligus blog itu sendiri. Dimana video yang ditampilkan di blog mendukung daripada artikel yang dimuat. Jadi posting youtube dalam artikel merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan. Sehingga hal ini tidak melanggar dari ketentuan google. Karena yang diutamakan dari sebuah blog adalah penulisannya yang memenuhi ketentuan dari google itu sendiri. Sedangkan video hanyalah sebagai pendukung dari artikel.

Cara Pasang Youtube Di Blogspot akan saya bagi dalam beberapa halaman. Apa sebab demikian? karena saya ingin menulis secara bertahap sesuai proses yang sama alami sendiri dalam membuat posting video youtube di blogger.
  1. Halaman pertama membahas cara posting video youtube di blogspot dengan menggunakan kode iframe standar dari youtube dengan metode sematkan di mode HTML post blogger.
  2. Kedua membahas cara membuat video youtube responsive di blogger sehingga bisa diakses dari smartphone secara mobile friendly.
  3. Optimasi pemasangan video youtube pada postingan blog agar blog tetap ringan dan cepat.
Pembahasan Cara Pasang Youtube Di Blogspot

1. Cara Pasang Youtube Di Blogspot Menggunakan Kode Iframe Youtube
Pernahkah sobat blogger membuat sebuah artikel yang memerlukan penjelasan lebih detail dengan berupa sebuah video. Saat mengawali dunia blog, dahulu saya pernah memasang video ke dalam posting blog secara langsung dari blogger. Tentu saja karena pada saat itu belum memiliki channel youtube, maka video di uploud begitu saja di blogger. Hal ini dinilai dari segi seo, bisa berpengaruh terhadap blog, karena dari segi kecepatan loading blog menjadi lambat dan berat.

Sekarang telah ada solusi untuk mengatasi masalah pemasangan video youtube ke dalam posting blog, yaitu dengan menggunakan fitur dari youtube berupa kode iframe yang disematkan ke dalam posting blogger dalam mode HTML.

Bagaimana cara memasang video youtube ke dalam postingan, yuk baca tulisan 'Cara Pasang Youtube Di Blogspot' ini hingga selesai.

Youtube telah menyediakan link untuk bisa dibagikan dan disematkan. Fitur bagikan bisa secara langsung membagikan youtube kepada penonton youtube melalui facebook, twetter, blogger, dan media sosial lainnya. Sedangkan fitur sematkan di youtube berguna untuk menampilkan video youtube di blogspot, wordpress dan flatform blog lainnya yang didukungnya.

Untuk memasukkan video youtube di blogspot dengan channel youtube milik sendiri, tentunya sobat blogger sudah memiliki akun youtube terlebih dahulu untuk bisa berbagi ataupun menyematkan link youtube di blog. Sematkanlah link youtube yang tidak melanggar Pedoman Komunitas. Apabila video yang diuploud ke youtube melanggar maka akan mendapat teguran dan hukuman dari youtube dan bahkan video dihapus dari youtube.

Pada postingan ini saya mempergunakan akun yutube saya sendiri melalui Channel Youtube. Pemasangan video youtube di blogger bisa dapat dilihat pada tulisan yang membahas tentang blogger, youtube dan artikel lainnya  untuk melengkapi isi artikel dan mengembangkan channel youtube.

Langkah-langkah cara pasang youtube di blogspot menggunakan kode iframe standar dari youtube :

1. Pertama : Buka video di channel youtube > Lihat di youtube > Bagikan
Cara Pasang Youtube Di Blogspot
Cara Pasang Youtube Di Blogspot
2. Kedua : pilih Sematkan
Cara Pasang Youtube Di Blogspot
Cara Pasang Youtube Di Blogspot
3. Ketiga : Sematkan Video > SALIN kode iframe youtube untuk dimasukkan dalam postingan blog
Cara Pasang Youtube Di Blogspot
Cara Pasang Youtube Di Blogspot
4. Login di blogger untuk pasang youtube di blogspot. Pada bagian postingan, klik HTML > vaste <iframe embed video youtube yang telah di salin tadi dari channel youtube. Video youtube yang telah disematkan dapat dilihat tampilannya pada mode Compose. Selesai lalu publikasikan artikel.
Cara Pasang Youtube Di Blogspot
Cara Pasang Youtube Di Blogspot
Contoh <iframe video youtube yang di pasang di blogspot dalam sebuah judul artikel yang membahas tentang 'Kenapa Jumlah Subscriber Berkurang'

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/gmXeQMHM_Z8" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>


Demo cara menampilkan video youtube di blogspot pada artikel di atas sudah saya optimasi agar bisa tampil di smartphone secara mobile friendly.

Sekarang bagaimana caranya agar youtube yang sudah dipasang diblogspot bisa tampil pas secara mobile di browser handphone. Mari kita lanjut pada tahapan berikutnya perihal cara membuat video youtube responsive di blogger sehingga bisa diakses dari smartphone secara mobile friendly.
2. Lanjutan Cara Pasang Youtube Di Blogspot, cara membuat video youtube responsive di blogger dan mobile friendly. Bagaimana cara pasang youtube di blogspot agar tampil mobile friendly di hp android, tablet, dll. Yuk ikuti terus lanjutan tulisan ini.

Lanjut pada topik artikel bagaimana cara pasang youtube di blogspot agar mobile friendly. Aneh rasanya setelah saya menyematkan link iframe youtube di postingan blogspot, sebab saat di buka melalui browser handpone, tampilan video youtube terlihat setengah bagian, pada saat diputar barulah tampilannya ngepas di handpone. Dilihat secara tampilan memang terasa kurang pas untuk dipandang.

Membuat video youtube responsive di blogger dan mobile friendly bertujuan agar postingan video youtube di blog bisa langsung pas, baik secara tampilan maupun pada saat diputar. Caranya sangat mudah, hanya dengan menambahkan kode script di bagian template blog. Dan menambahkan  kode <div class di bagian artikel untuk menyematkan link youtube diantara kode tersebut dalam mode html.

Kode script agar posting video youtube di blog bisa tampil mobile friendly alias tampilannya ngepas saat dibuka melalui browser handphone.


.bst-responsive-video {
position: relative;
padding-bottom: 56.25%;
height: 0;
margin: 20px 0;
overflow: hidden;
}
.bst-responsive-video iframe, .bst-responsive-video object, .bst-responsive-video embed {
position: absolute;
top: 0;
left: 0;
width: 100%;
height: 100%;
} 

Cara pemasangan script : login di blogger, dibagian tema, Edit HTML, cari kode ]]></b:skin> lalu paste kode script di atasnya dan simpan template. Untuk posting video youtube di blog, masukkan kode di bawah ini kedalam postingan dalam mode HTML lalu sematkan youtube yang akan diposting.

<div class="bst-responsive-video">
Sematkan iframe youtube di sini
</div>

Contoh pemasangan iframe youtube yang disematkan pada postingan blogger dalam mode html

<div class="bst-responsive-video">
<iframe .../iframe>
</div>

Posting youtube video di blog telah selesai. Untuk melihat hasilnya apakah video youtube sudah responsive. Silakan tes hasilnya dalam tampilan mobile di handphone. Jika postingan youtube bsudah pas tampilannya di smartphone berarti pemasangan script resvonsive sudah bekerja.

Cara posting video youtube dengan mengambil kode <iframe .../iframe> video youtube untuk disematkan di youtube sudah saya tulis artikelnya.

Gambar di bawah ini adalah sreenshoot saat sebelum dan sesudah pemasangan script youtube di blogger. Gambar pertama terlihat belum mobile friendly. Gambar kedua sudah tampil mobile friendly setelah pemasangan script responsive.
Cara Membuat Video Youtube Responsive Di Blogger
Cara Membuat Video Youtube Responsive Di Blogger
Begitulah 'Cara Pasang Youtube Di Blogspot' agar responsive dan mobile friendly. Untuk posting video youtube yang sudah ngepas diblog pada tampilan secara mobile dapat dilihat demonya di halaman 1.

Pada tahap ini proses pemasangan youtube di blog sudah selesai. Namun perlu dioptimasi lagi agar lebih SEO. Karena pada tahap ini loading blog masih terasa berat sehingga berpengaruh pada nilai PageSpeed Insights (tool penguji kecepatan blog secara mobile maupun desktop).

Untuk mempercepat loading blog dengan postingan youtube didalamnya bisa mengoptimasi dengan pemasaangan sript lazy load youtube pada template dan artikel blog.

Baca juga:

I Gusti Bagus Sudiantara
Dari blogger menjangkau dunia. Selamat datang di blog menulis catatan konservasi, budaya Bali, blogger, dll. Salam lestari dan salam konservasi.

Related Posts

Posting Komentar