Info berita, panduan membuat blog gratis di blogger dan wordpress, media sosial whatsapp, facebook, twitter, google plus. Berbagi cara dan kegiatan konservasi, dll.

Powered by Blogger.

About Me

My photo
Selamat datang di blog menulis catatan... mohon maaf belum sempat mengisi halaman profil ini dengan detail. Pada lain kesempatan saya update agar lebih indah dan nyaman untuk dibaca sebagai kata sambutan dan perkenalan diri melalui blog. Nama lengkap saya : I Gusti Bagus Sudiantara, dari Bali, pekerjaan di lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Demikian perkenalan singkat dari saya, tetap semangat dalam berkreativitas, melakukan yang terbaik, berguna dan bermanfaat buat kita semua. Bersyukur atas anugrah indah yang berkelimpahan tiada batas. Saya ucapkan "Selamat Tahun Baru 2018" Salam

Slider

[4] [Konservasi] [slider-top-big] [Slider Top]
You are here: Home / , Rekam Peristiwa Evakuasi Merapi

Rekam Peristiwa Evakuasi Merapi

| No comment
Berikut ini adalah pengalaman hidup Tim Relawan Evakuasi Merapi saat menyelamatkan korban yang terkena awan panas letusan Gunung Merapi. Pengalaman ini ditulis oleh Bayu Gawtama. Kemudian saya ijin share sebagai pembelajaran hidup yang bermanfaat buat diri saya sendiri dan juga buat sesama. Pengalaman yang dituliskan ini telah mengingatkan kita sebagai makhluk ciptaanNya untuk selalu eling dan juga waspada. Doaku buat rekan rekan tim relawan, semoga selalu dalam lindunganNya, dilancarkan setiap gerak langkah dalam melakukan hal hal terbaik sesuai menurut kehendakNya.

Selamat membaca...

7 Tahun Berlalu, ini salah satu perempuan yang ingin saya temui. (Rekam peristiwa evakuasi Merapi, 5 November 2010, (letusan ke 3 di tahun itu).

Entah kenapa saya mendapatkan video yang membuat saya menangis kiriman dari sahabat saya, Mas Eko Subiyantoro, disaat saya sedang berada di Karang Asem, Bali, masih menanti tak pasti erupsi Gunung Agung.

Saya buka video itu, tak terasa air mata menetes. "Ini salah satu yang kita selamatkan di Merapi dulu mas?" tanya saya ke Mas Eko. Beliau membenarkan.

Selanjutnya saya diberi nomor kontak Mbak Endah. Saya terharu bisa kontak langsung dengan mbak Endah, satu dari sekian korban erupsi Merapi 2010 yang berhasil kami evakuasi.

Sekilas gambaran peristiwa saat itu, letusan ketiga (justru yang lebih besar) pada 5 oktober 2010, saya lupa jamnya, sudah tengah malam atau bahkan lewat jam 00.

Kami berempat, Saya, Anwar Anobi, Eko dan Arman menuju Dusun Bronggang, Argomulyo untuk evakuasi puluhan orang yang terjebak awan panas.

Merinding seketika saat kami tiba di desa itu, puluhan rumah sudah terbakar. Suara minta tolong bersahutan dari berbagai arah, sementara jarak pandang kami pun tak jauh karena debu sangat tebal.

Suasana terasa panas, kami hanya punya waktu singkat untuk mencari dan evakuasi sebanyak-banyaknya yang masih hidup. Kami berpencar, mendobrak satu persatu rumah, dan mengambil yang masih hidup. Sekali lagi, waktunya hanya singkat karena suara gemuruh semakin kencang, kami khawatir awan panas kembali menerjang desa itu.

Diantara sekian korban yang berhasil dievakuasi kakak beradik Viga dan Endah. Keduanya mengalami luka bakar serius, Anda bisa melihat video ketika Mbak Endah menjalani perawatan setelah Merapi (sangat mengerikan). Sayangnya, sang kakak, mbak Viga, hanya bertahan dua minggu, karena debu panas sudah menyerang paru-parunya.

Oya sebagai info tambahan, seingat saya Desa Argomulyo itu berada di KRB 1 atau 2 (dulu kami nyebutnya ring 3), semula dianggap masih aman, karena jaraknya sekitar 14-16km dari Merapi. Tapi ternyata luncuran awan panas tidak terduga menghantam sampai desa itu. Intinya, tetap waspada.

Dalam kontak via Whatsapp, mbak Endah mengaku sangat ingin bertemu kami kembali, saya, Anwar, Eko dan Arman. Dan kami pun demikian, hanya mas Eko yang sudah berkesempatan bertemu mbak Endah pada 30 September 2016 lalu.

InsyaAllah saya dan tim akan segera atur jadwal ke jogja untuk bertemu mbak Endah, mungkin akan jadi pertemuan yang sangat mengharukan nanti.

Kisah ini sengaja saya bagikan, sehubungan dengan status Awas (level 4) Gunung Agung, Bali saat ini. Semoga semua kejadian bencana di masa lalu jadi pelajaran bagi kita semua.

Mas Eko, Anwar, Arman dkk, yok kita ke jogja, nunggu ada yang sponsorin.

Selamat bertugas tim SDR Sekolah Relawan di Karang Asem, Bali.

Keterangan :

1. Foto pertama, korban atas nama Mbak Viga, akhirnya meninggal dunia setelah bertahan 2 minggu. Foto ini hasil jepretan fotografer Media IIndonesia, Susanto, yang memenangkan foto terbaik nasional pada 2011.
2. Foto kedua, saat tiba di RS, yang saya gendong adalah Mbak Endah, adik dari Viga
3. Video saat Endah menjalani perawatan
4. Sebagian korban yang berhasil dievakuasi
5. Mas eko bersama mbak Endah
6. Tim evakuasi saat itu.

Korban Awan Panas Merapi
Gambar. 1

Gunung Merapi Meletus
Gambar. 2


Evakuasi Korban Awan Panas Merapi
Gambar. 4

Rekam Peristiwa Evakuasi Merapi
Gambar. 5

Tim Evakuasi Korban Merapi
Gambar. 6
Info terkait : PVBMG Hitung Prediksi Kecepatan Awan Panas Gunung Agung

https://www.facebook.com/gaw.gawtama/posts/10155068334468041

Share This Post :