Info berita, panduan membuat blog gratis di blogger dan wordpress, media sosial whatsapp, facebook, twitter, google plus. Berbagi cara dan kegiatan konservasi, dll.

Powered by Blogger.

About Me

My photo
Selamat datang di blog menulis catatan... mohon maaf belum sempat mengisi halaman profil ini dengan detail. Pada lain kesempatan saya update agar lebih indah dan nyaman untuk dibaca sebagai kata sambutan dan perkenalan diri melalui blog. Nama lengkap saya : I Gusti Bagus Sudiantara, dari Bali, pekerjaan di lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Demikian perkenalan singkat dari saya, tetap semangat dalam berkreativitas, melakukan yang terbaik, berguna dan bermanfaat buat kita semua. Bersyukur atas anugrah indah yang berkelimpahan tiada batas. Saya ucapkan "Selamat Tahun Baru 2019" Salam

Slider

[4] [Konservasi] [slider-top-big] [Slider Top]
You are here: Home / Membuat Blog WordPress Self Host

Membuat Blog WordPress Self Host

| No comment
Awal membuat blog menggunakan WordPress self host terasa bingung. Langkah apa yang mesti diperbuat agar situs web blog bisa segera bisa diakses.
Belum lagi ada batas waktu 14 hari kena suspend hari dari Web Hoting apabila saat domain dan hosting telah aktif, kita belum melakukan tindakan terhadap blog yang kita kelola.
Tampilan default biasanya muncul tulisan situs web ............com masih dalam pembangunan. (Web under construction)
Pengalaman ini saya share buat sobat blogger yang sekiranya membutuhkan info dalam membuat blog WordPress Self Hosting, untuk para master mohon petunjuknya agar tulisan ini bisa lebih lengkap dan bisa bermanfaat :
  1. Mencari informasi di google tentang cara membuat blog secara ofline. Saya temukan aplikasi gratis MAMP untuk belajar blog ofline di mac Os. Untuk sobat yang menggunakan OS Windows bisa mnyesuaikan. Banyak aplikasi gratis tersedia.
  2. Membeli domain dan hosting di MWN
  3. Login Cpanel setelah domain dan hosting diaktifkan dengan pemberitahuan melalui email oleh pihak penyedia Web Hosting.
  4. Instal WordPress di Cpanel Dengan Softaculous Apps Installer
  5. Tahap awal Mengamankan WordPress Menggunakan Plugin Google-Authenticator. Yaitu plugin yang berfungsi sebagai verifikasi 2 langkah saat login ke WordPress Blog
  6. Ufloud file index.php, htaccess, robot.txt, kode verifikasi kepemilikan blog di cpanel publich html.
  7. Membuat Sitemap Tampil di Halaman Blog WordPress
  8. Import Post Blogger dan WorPress menggunakan plugin Blogger Importer dan WordPress Importer. Langkah ini berlaku untuk sobat blogger yang ingin memindahkan blog menggunakan domain dan hosting berbayar.
  9. Melakukan redirect blog dengan plugin Blogger Redirect 301. Tujuannya agar blog lama dialihkan ke blog baru. Sehingga blog yang baru tidak kehilangan pengunjung dari blog lama.
Selanjutnya belajar lagi agar bisa melengkapi postingan yang tentunya masih banyak hal-hal yang dapat diperbuat untuk bisa berbagi info.
Demikian sobat beberapa langkah yang saya lakukan saat mengawali pindah blog ke WordPress Self Hosting. Semoga bermanfaat.
Share This Post :