U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Membuat Blog WordPress Self Host

Awal membuat blog menggunakan WordPress self host terasa bingung. Langkah apa yang mesti diperbuat agar situs web blog bisa segera bisa diakses.
Belum lagi ada batas waktu 14 hari kena suspend hari dari Web Hoting apabila saat domain dan hosting telah aktif, kita belum melakukan tindakan terhadap blog yang kita kelola.
Tampilan default biasanya muncul tulisan situs web ............com masih dalam pembangunan. (Web under construction)
Pengalaman ini saya share buat sobat blogger yang sekiranya membutuhkan info dalam membuat blog WordPress Self Hosting, untuk para master mohon petunjuknya agar tulisan ini bisa lebih lengkap dan bisa bermanfaat :
  1. Mencari informasi di google tentang cara membuat blog secara ofline. Saya temukan aplikasi gratis MAMP untuk belajar blog ofline di mac Os. Untuk sobat yang menggunakan OS Windows bisa mnyesuaikan. Banyak aplikasi gratis tersedia.
  2. Membeli domain dan hosting di MWN
  3. Login Cpanel setelah domain dan hosting diaktifkan dengan pemberitahuan melalui email oleh pihak penyedia Web Hosting.
  4. Instal WordPress di Cpanel Dengan Softaculous Apps Installer
  5. Tahap awal Mengamankan WordPress Menggunakan Plugin Google-Authenticator. Yaitu plugin yang berfungsi sebagai verifikasi 2 langkah saat login ke WordPress Blog
  6. Ufloud file index.php, htaccess, robot.txt, kode verifikasi kepemilikan blog di cpanel publich html.
  7. Membuat Sitemap Tampil di Halaman Blog WordPress
  8. Import Post Blogger dan WorPress menggunakan plugin Blogger Importer dan WordPress Importer. Langkah ini berlaku untuk sobat blogger yang ingin memindahkan blog menggunakan domain dan hosting berbayar.
  9. Melakukan redirect blog dengan plugin Blogger Redirect 301. Tujuannya agar blog lama dialihkan ke blog baru. Sehingga blog yang baru tidak kehilangan pengunjung dari blog lama.
Selanjutnya belajar lagi agar bisa melengkapi postingan yang tentunya masih banyak hal-hal yang dapat diperbuat untuk bisa berbagi info.
Demikian sobat beberapa langkah yang saya lakukan saat mengawali pindah blog ke WordPress Self Hosting. Semoga bermanfaat.
I Gusti Bagus Sudiantara
Dari blogger menjangkau dunia. Selamat datang di blog menulis catatan konservasi, budaya Bali, blogger, dll. Salam lestari dan salam konservasi.

Related Posts

Posting Komentar