U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Tip Memilih Web Hosting Yang Tepat

Pada postingan terdahulu mengenai "Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Blog" saya menulis bahwa saya tidak akan mengubah alamat blog "aplikasi-pcandroid.blogspot.com" dengan beberapa alasan, antara lain karena saya telah mendaftarkan blog ke google, blog sudah terverifikasi, dan juga sudah daftar alexa. Sekarang saya berbagi tip bagaimana memilih web hosting yang tepat.

Setelah saya ngeblog kurang lebih selama 3 bulan, timbul niat penasaran untuk membuat blog dengan domain dan hosting sendiri dengan resiko harus mengeluarkan uang untuk sewa domain dan hosting, tapi tidak mengapa karena setelah membaca review mengenai web hosting di blog lain, ternyata ada domain dan hosting dengan harga yang cukup terjangkau.

Dan saya pun menyewa domain dan hosting di Masterkey - MWN. Menurut review yang saya baca. Masterkey - MWN adalah web hosting Indonesia dengan layanan yang cukup memuaskan, harga terjangkau dan bisa juga diakses dari luar negeri. Sekarang saya share di sini adalah pengalaman pertama saat memilih domain dan hosting di Masterkey - MWN.

Karena saya baru belajar membuat blog, sebelum memilih web hosting, langkah-langkah yang saya lakukan adalah :
  1. Mencari informasi tentang web hosting Indonesia, karena blog saya memakai Bahasa Indonesia. Namun tidak menutup kemungkinan bisa juga diakses dari luar negeri dan didukung dengan harga terjangkau. Dan menurut reviev dan informasi yang saya dapat, web hosting yang bisa mendukung fitur ini adalah Masterkey - MWN.
  2. Setelah mencari informasi dan mendapat saran serta membaca review dari pengguna yang sudah berpengalaman, akhirnya yang menjadi pilhan pertama saya adalah Masterkey - MWN.
Setelah melakukan pembayaran, dalam waktu 1 x 24 jam, domain dan hosting yang saya sewa di Masterkey sudah aktif dan bisa digunakan. Langkah berikutnya adalah menyelesaikan tahap pembuatan blog. 

Tahapan membuat blog di wordpress:
  1. Mmenginstal WordPress di cpanel
  2. Setelah menginstal WorPress, lanjutkan degan mengimport blog ke wordpress self hosting
  3. Memindahkan blog atau migrasi blog dari blogspot ke wordpress self hosting
Kenapa memilih wordpress daripada blogspot atau sebaliknya memilih blogspot, semua tergantung pada pilihan sobat blogger. Platform blog yang dipilih tentu ada kelebihan dan kekurangannya. 

Buat anda yang tidak melakukan migrasi blog, langkah ke-3 ini tidak diperlukan. Panduan cara migrasi blog dari blogspot ke wordpress self hosting dengan praktis dan aman tanpa kehilangan trafik pengunjung belum sempat saya menulisnya. Silahkan sobat mencarinya sendiri, banyak info yang telah disediakan oleh google.

Mungkin diantara pembaca blog ini ada yang masih baru belajar membuat blog atau mungkin ada yang berkeinginan menyewa domain dan hosting dengan menggunakan layanan web hoting Masterkey, jika masih belum mengerti langkah-langkahnya. Pada artikel berikutnya akan saya coba untuk review kembali panduan cara sewa domain dan hosting di Masterkey.


Lanjut pada perkembangan sekarang ini. Setelah menggunakan WordPress self hosting. Kini saya beralih menggunakan Google Domain langsung dari bawaan blogger. Saya beralih kembali ke blogger sehingga tidak perlu lagi menyewa hosting karena hosting bawaan blogger tidak dipungut biaya oleh google, cukup dengan membayar biaya tahunan google domain, hostingnya meggunakan blogger. Tentu dalam hal ini bila kita menilainya, pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Semua kembali kepada masing masing pengguna, pilihan bisa menyesuaikan.

Semoga share pengalaman saya mengenai Tip Memilih Web Hosting Yang Tepat, dapat memberi inspirasi, khususnya kepada sahabat pembaca yang baru belajar ngeblog dengan domain dan hosting sendiri.
I Gusti Bagus Sudiantara
Dari blogger menjangkau dunia. Selamat datang di blog menulis catatan konservasi, budaya Bali, blogger, dll. Salam lestari dan salam konservasi.

Related Posts

Posting Komentar