U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Submit Sitemap Di Bing Webmaster Tools

Di postingan terdahulu telah saya share Cara Verifikasi Blog WordPress Self Hosting Pada Google Webmaster Tool, Cara Mendaftarkan Blog ke Google, khusus untuk pengguna blogspot. Verifikasi Blog di Google Webmaster Tool adalah untuk mengklaim kepemilikan blog, tujuannya agar blog dapat terindek oleh google.

Demikian juga halnya dengan submit sitemap di bing webmaster tools, tujuannya tiada lain adalah agar blog dapat terindek oleh bing. Sehingga ada kesempatan untuk blog kita mendapatkan trafik dari search engine bing.

Dengan melakukan submit sitemap di bing webmaster tools, anda akan secara sekaligus melakukan verifikasi blog. Baiklah langsung saja, kali ini saya akan berbagi tip seputar cara submit sitemap di bing webmaster tools.

Untuk sumbit sitemap di bing webmaster tools anda harus mempunyai akun microsoft terlebih dahulu (hotmail.com, live.com), atau bisa juga dengan mendaftarkan akun gmail di bing webmaster tools. Saya gunakan cara ini karena saya lupa dengan akun microsoft, maklum lupa mencatat username, password dan akun hotmail.

Anda yang mau submit sitemap di bing webmaster tools, jika belum punya akun microsoft silakan daftar di https://signup.live.com, kemudian isi data anda dengan benar.

Jika pendaftaran akun microsoft telah seesai, silakan login di Bing Webmaster Tools dengan akun microsoft anda di Bing Webmaster Tools

OK saya anggap sobat telah punya akun Bing Webmaster. Selanjutnya lakukan add url di Bing :

1). Add a Site - isi dengan url blog anda - klik ADD SITE
Submit Sitemap Di Bing Webmaster Tools
Add captionSubmit Sitemap Di Bing Webmaster Tools
2). Melakukan submit sitemap, di kotak isian Add Sitemap, isi dengan XML sitemap blog anda, misalnya : http://www.menuliscatatan.com/sitemap.xml. Selanjutnya ADD seperti gambar di bawah
Add URL Add Sitemap
Add URL Add Sitemap
3). Sukses melakukan Add url dan Add Sitemap di Bing Webmaster Tools maka akan tampil kode verifikasi seperti terlihat pada gambar dengan kode yang diberi warna merah. Untuk blogger, copy kode html, tempatkan dibagian tema blog di bawah lakukan langkah mengedit tema blog/ edit html.
Verifikasi Blog Di Bing Webmaster
Verifikasi Blog Di Bing Webmaster
4). Apabila telah selesai melakukan langkah di atas/ simpan tema yang telah edit. Sekarang lanjutkan verifikasi, klik Verify
Add sitmap Bing Webmaster Sukses
Add sitmap Bing Webmaster Sukses
5). Lanjut lakukan verifikasi kepemilikan blog / verify ownershif. Cara verifikasi, di bagian dasboard Bing cari bagian Verify ownershif.
verifikasi blog
Verify ownershif Bing
Selanjutnya untk pengguna WordPress silakan menyesuaikan seperti petunjuk di bagian dasboard Bing Webmaster. Lakukan langkah langkah di bawah ini, ikuti update dan perkembangan Bing Webmaster untuk menyesuaikan, karena ada perubahan tampilan dasboard Bing.

Option 1 : Buat anda pengguna Blog self hosting, dalam hal ini karena saya menggunakan blog wordpress self hosting maka untuk gampangnya saya pilih opsi pertama, caranya :
  • Download file BingSiteAuth.xml
  • Upload file melalui cpanel - file manager - tempatkan file di direktori public_html
  • Setelah sukses mengupload file, klik link http://www.domain.com/BinSiteAuth.xml
  • Terakhir klik VERIFY di bagian bawah
Submit Sitemap Di Bing Webmaster Tools
Submit Sitemap Di Bing Webmaster Tools
Option 2 : untuk opsi kedua ini bisa digunakan memveifikasi blog di bing webmaster tools untuk blogspot, caranya :
  • Login di blogger.com
  • Pada halaman blogger, klik Template - Edit HTML - Lanjutkan, copy dan paste <meta> tag di bawah kode <head> seperti terlihat pada gambar (gunakan Ctrl + F untuk mempercepat pencarian), untuk lebih jelasnya silakan baca Cara Pasang Kode Verifikasi Google pada Blog Tahun 2012
  • Simpan Template
  • Di halaman bing webmaster Klik VERIFY
Bing Webmaster Tools
Submit Sitemap Di Bing Webmaster Tools
Submit Sitemap Di Bing Webmaster Tools
Submit Sitemap Di Bing Webmaster Tools
Demikian cara submit sitemap di bing webmaster tools, dan langkah selanjutnya, anda bisa melakukan submit rss feed blog di bing. dan menambahkan url lainnya sebagai langkah optimasi blog agar lebih SEO Friendly dan harapan saya semoga artikel ini bermanfaat buat para sahabat pembaca dan kita semua.

Demikian sobat blogger beberapa langkah update perkembangan untuk add url dan add sitemap di Bing Webmaster Tools. Semoga bermanfaat buat perkembangan blog. Terima kasih.

I Gusti Bagus Sudiantara
Dari blogger menjangkau dunia. Selamat datang di blog menulis catatan konservasi, budaya Bali, blogger, dll. Salam lestari dan salam konservasi.

Related Posts

Posting Komentar