U3DGDAQbHz1BfkaNiXhOCW0356K5hbADnV3jwXwA

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Blog

Membuat blog
Membuat blog yang unik
Bagaimanakah pengalaman sobat pada saat pertama kali membuat blog? Saya akan berbagi pengalaman dalam membuat blog kepada para sahabat yang telah menyempatkan diri untuk mampir di blog yang sederhana ini. Berawal dari kesukaan saya terhadap dunia internet akhirnya secara alami timbul niat saya untuk belajar membuat blog di blogger dan wordpress sef hosting.

Cara Membuat Blog Di Blogger.com (Blogspot). Panduan membuat blog tersebut setelah dibaca rasanya sangat mudah untuk diterapkan, namun saat membuat judul blog dan membuat alamat blog, saya kesulitan menentukan tema blog yang tepat karena judul blog dan alamat blog akan mencerminkan isi dari sebuah blog. Judul blog harus diperhatikan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat blog, agar postingan cepat terindek di google. Jangan sampai setelah blog terindek di google dan search engine lainnya muncul keinginan untuk ganti judul blog. Pertimbangkan Akibat Mengganti Judul Blog.

Menurut pendapat saya judul blog ibarat alamat rumah yang sudah diketahui oleh sahabat kita. Dalam dunia blog sahabat kita adalah mesin pencari seperti google, bing, yahoo dan masih banyak lagi. Lalu alamat tiba-tiba berganti. Tentunya mesin mencari butuh waktu untuk mengetahuinya kembali.

Awalnya judul blog “aplikasi-pcandroid.blogspot.com” ini adalah free aplikasi. Setelah blog saya isi dengan beberapa postingan, saya pun melakukan review terhadap blog saya sendiri dan ternyata postingan yang saya buat lebih dominan mengenai bisnis online. Saya putuskan untuk mengganti judul blog dengan nama “Blogger Online” karena menurut saya judul tersebut lebih sesuai untuk dipasang di blog ini.

Saat membuat alamat blog “aplikasi-pcandroid.blogspot.com” saya berfikir pada saat itu bahwa dengan alamat blog “aplikasi-pcandroid” akan memudahkan untuk menentukan tema dalam membuat suatu postingan yaitu tentang aplikasi pc dan aplikasi android. Namun postingan yang terkait dengan aplikasi pc dan aplikasi android pada blog ini sampai saat ini boleh dikatakan belum ada.

Itu sebabnya blog ini terus menyesuaikan, dalam perkembangannya telah mengalami perubahan judul, alamat blog, menggunakan wordpress self hosting, hinggaa sampai perubahannya pada tahap sekarang. Jadi blog ini telah mengalami banyak hal perubahaan seiring berjalannya waktu. Ide ide untuk menulis pun mengalami perkembangannya sesuai kondisi yang ada.

Dari pengalaman yang dilalui dalam membuat blog tersebut dapat diambil suatu kesimpulan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat blog :
  • Membuat judul blog yang unik. Agar nantinya tidak lagi mengganti judul blog. Karena mengganti judul membawa pengaruh yang tidak baik buat blog.
  • Alamat blog disesuaikan dengan isi atau tema blog agar memudahkan dalam membuat artikel.
  • Judul blog dan alamat blog dibuat simpel, mengandung kata kunci untuk optimasi blog di penelusuran google.
  • Verifikasikan kepemilikan blog di google, bing webmaster.
  • Membuat konten unik untuk blog dengan tulisan yang unik original, hasil karya dari tulisan sendiri. Karena blog unik disenangi google.
  • Tidak melakukan plagiat atau copy vaste blog orang lain
  • Jalani proses dengan iklas dan terus berkarya mengembangkan kemampuan menulis
Untuk memverifikasi kepemilikan blog silakan baca artikel Cara Mendaftarkan Blog ke Google.

Pengalaman ini saya ceritakan sebagai pembelajaran pula untuk diri saya dalam menuangkan ide menjadi sebuah tulisan blog yang unik. Semoga sahabat pembaca blog ini, tidak mengalami hal yang saya alami yaitu mengganti ganti judul dan alamat blog. Berawal dari blogger dan inilah blog pertama saya 'aplikasi-pcandroid.blogspot.com' yang sempat beralih ke wordpress self host, hingga kembali lagi ke blogger dengan alamat blog 'https://tulisan78.blogspot.com/'. Dan update pada Desember 2019 ini beralih lagi menggunakan google domain menjadi 'menuliscatatan.com. Sesuai dengan judul blog Menulis Catatan.

Tentunya dari pengalaman awal dalam hal blogging, masih banyak hal yang perlu dilakukan untuk optimasi blog agar lebih SEO friendly. Untuk sobat blogger saya sarankan untuk langkah awal agar mendaftarkan blog ke google dengan maksud agar blog baru dapat terindek mesin pencari sehingga blog tersebut bisa tampil di google dan dapat memiliki popularitas dengan artikel-artikel yang informativ dan tentunya tidak copy vaste.

Belajarlah menulis, tuangkan ide-ide menulis melalui blog. Seiring berjalannya waktu dengan kemampuan yang terus terasah maka kemampuan dalam hal menulis dari hasil pemikiran sendiri akan mengalir dengan sendirinya. Ciptakan ide kreatip dan hal yang unik untuk blog. Hingga sampai saat ini artikel ini saya update juga sebagai bagian untuk update tulisan lawas di awal awal membuat blog, yang terkadang dalam penulisannya ada penulisan yang terasa janggal atau kaku. Ya itulah hal hal yang akan dilewati dalam menuangkan ide menulis. Belajarlah, jangan ragu menulis ide sendiri, janganlah mengcopy vaste blog lain karena itu akan akan berimplikasi negatif.

Baca juga:
Cara Pasang Youtube Di Blog

Demikian sahabat pembaca sebagai update tulisan lawas di blog Menulis Catatan yang tentunya masih jauh dari kata sempurna. Masih perlu banyak sentuhan untuk mengelola blog menjadi lebih baik dari tahun ke tahun. Teruslah berkarya agar blog menjadi unik dan unggul dari yang lainnya. Terima kasih.
I Gusti Bagus Sudiantara
Dari blogger menjangkau dunia. Selamat datang di blog menulis catatan konservasi, budaya Bali, blogger, dll. Salam lestari dan salam konservasi.

Related Posts

Posting Komentar